Kabupaten Mandailing Natal disaat sekarang ini disiapkan akan menjadi daerah industri baru di Sumatera Utara. Fasilitas bandara dan pelabuhan disaat ini tengah dalam proses pengerjaan.

“Diagendakan bandara akan mulai dibangun diawal 2017. Jikalau nantinya pelabuhan itu sudah akan dioperasikan. Itu sesuai hasil keterangan dari Kementerian Perhubungan yang ikut mendampingi kami dalam kunjungan kerja ke Madina,” tutur Ketua Komisi D DPRD Sumut, Muchrid Nasution, di Medan. Menurutnya, prospek Bandara Bukit Malintang di Madina cukup baik baik dari sisi pemanfaatan maupun kemajuan pembangunannya.

Dari laporan yang tengah didapatinya, bahwa pembangunan bandara itu hanya tinggal menunggu pembebasan lahan milik masyarakat seluas 74 hektare dan lahan milik Dinas Perkebunan Sumut seluas 24 hektare.

Tuk pembebasan lahan milik Dinas Perkebunan itu sedang dalam proses hibah yang permohonannya pun sudah diajukan Pemkab Mandailing Natal. “Jikalau nantinya pembebasan lahan milik masyarakat sedang dalam proses dengan dana yang sudah dianggarkan. Tinggal menunggu appresial untuk ganti ruginya,” ujar politisi Patai Golkar itu.

Bersamaan proses yang tengah berlangsung, tuk pembebasan lahan itu diharapkan bisa selesai hingga akhir tahun 2016. Ada juga lahan yang selama ini termasuk hutan lindung tetapi sudah dapat diatasi karena telah diputuskan menjadi lahan untuk Hak Penggunaan Lain (HPL). Kata dia, dari kemajuan proses pembebasan lahan tersebut, Kementerian Perhubungan, dapat menyelesaikan pembangunan Bandara Bukit Malintang pada 2017.

“Kami telah ke lokasi. Kami nilai sangat bagus. Biarpun berstatus bandara perintis, pesawat berbadan lebar pun bisa mendarat,” kata Muchrid. Dia menambahkan, pelabuhan di Palimpungan, Batahan, juga dalam proses pembangunan dengan anggaran Rp270 miliar yang disiapkan pemerintah pusat. Dengan posisi yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, pelabuhan tersebut bisa disandari kapal besar yang mengangkut CPO.

Sementara, Anggota Komisi D, Zulfikar, mengutarakan, dari kunjungan kerja pihaknya, Bandara Bukit Malintang dan pelabuhandiPalimpungan, akanmemberikan peluang untuk mengembangkan kabupaten itu.