Bajak Karyawan Pembuat Baterai Mobil, Apple Digugat

Berita mengenai rencana Apple untuk meluncurkan mobil listrik tampaknya bukan sekadar desas-desus. Buktinya, mereka baru saja dituntut perusahaan pembuat baterai A123 Systems karena membajak para pegawai perusahaan itu dalam skala besar.

Reuters mengatakan, Apple telah membajak insinyur dengan keahlian tinggi dalam sistem mobil dari berbagai perusahaan, termasuk Tesla. Pada Juni 2014, Apple secara agresif membajak karyawan A123 yang memimpin beberapa proyek terpenting perusahaan tersebut.

Dalam berkas tuntutannya, A123 mengatakan para karyawan tersebut melanggar kontrak karena mengerjakan proyek yang sama di Apple. “Apple saat ini sedang mengembangkan divisi baterai dalam skala besar untuk berkompetisi di bidang yang sama dengan A123,” demikian bunyi tuntutan tersebut.

A123 Systems adalah perusahaan pembuat baterai lithium-ion, yang disubsidi pemerintah AS sebesar USD249. Mereka mengajukan status bangkrut pada tahun 2012 dan telah menjual beberapa aset.

Teknologi baterai Lithium-ion bisa digunakan dalam komputer, pesawat terbang, namun A123 membuatnya untuk mesin besar, termasuk mobil.

Sumber : Metrotvnews.com