Junk food merupakan salah satu jenis makanan yang umumnya digemari oleh banyak orang, terutama anak-anak. Selain rasannya yang enak, makanan ini mudah kita jumpai di berbagai tempat. Namun dibalik kelezatannya ini, junk food punya efek yang buruk terhadap ginjal.

Untuk itu, sangat dihimbau kepada para orang tua agar tetap memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi anak setiap harinya. Lebih baik, anak-anak mengkonsumsi makanan yang dimasak dari rumah dan hindari mereka untuk mengkonsumsi junk food. Berikut ini adalah bahaya junk food untuk kesehatan anak-anak yang perlu diketahui :

1. Menurunkan daya kebal tubuh

Seorang anak yang terlalu sering makan junk food menunjukkan bahwa mereka kekurangan nutrisi yang diperlukan guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Alhasil, sistem imun si anak menjadi menurun dan menjadikannya lebih mudah terserang penyakit.

2. Obesitas

Salah satu penyebab anak mengalami obesitas adalah karena seringnya mengkonsumsi junk food dalam pola makannya setiap hari. Pasalnya, makanan ini mengandung lemak jenuh yang tinggi. Obesitas yang dialami anak sejak kecil mampu memicu resiko penyakit diabetes, jantung dan stroke saat si anak tumbuh dewasa.

3. Kecanduan

Sebagian besar anak yang sudah mengenal junk food biasanya akan merasa ketagihan untuk kembali mengkonsumsinya lagi. Saat anak mengalami kondisi tersebut, si anak akan rewel tidak ingin makan selain junk food. Untuk itu, anda perlu mencegah anak anda agar tidak terlalu sering makan junk food yang sangat tidak baik untuk kesehatannya.

4. Kurang asupan makanan bergizi

Di masa tumbuh dan kembang anak, asupan makanan bernutrisi dan bergizi sangatlah vital untuk dipenuhi. Apabila sang anak terlalu sering makan makanan cepat saji, maka nutrisi yang diperlukan tubuh menjadi terbatas. Kurangnya nutrisi di dalam tubuh anak akan membuatnya tak dapat berkembang dengan maksimal.