Australia Menjadi Negara Pertanian Organik Terbesar Di Dunia

DUAKALI.COM – Dengan meningkatnya kebutuhan produk organik di dunia, Australia bisa memanfaatkan peluang untuk mengembangkan pasar ekspor organik. Profesor Tor Hundloe dari Bond University di Queensland, Australia telah menyelidiki peranannya dalam penyediaan kebutuhan pangan global. Lewat penelitian terbarunya, ia menemukan bahwa Australia memiliki lahan pertanian organik terbesar di dunia. Jumlah luasnya lima kali lipat dari yang ditemukan di Argentina.

“Kami adalah benua yang sangat besar dan banyak lahan dari Australia adalah kering dan gersang. Dengan jenis lahan seperti ini, bahan kimia, pupuk, pestisida tidak pernah digunakan, karenanya negara kita ini pada dasarnya dalam kondisi organik”, jelas Profesor Hundloe. Ia juga menambahkan bahwa Australia memiliki lahan yang cukup mudah dikonversi dari pertanian konvensional kembali ke organik.

Hal inilah yang memberikan potensi besar bagi Australia untuk bisa memproduksi lebih banyak produk pangan organik, yang sebelumnya juga menguntungkan para petani di Australia.

Profesor Hundloe melihat potensi ini setelah adanya peningkatan dalam konsumsi produk organik di negara-negara lain. “Kita punya peluang bagus untuk memasok kebutuhan produk organik untuk mereka yang kaya di China dan Asia Tenggara,” kata Profesor Hundloe. Produk organik yang dimaksud adalah daging sapi, susu, dan sereal.

“Saat panen buah dan sayuran datang di musim panas, maka di kawasan Asia sedang mengalami musim dingin, kita bisa jadi pemasok untuk mereka,” tambahnya.

Menurutnya ada anggapan pasokan produk organik di dalam negeri sendiri mengalami kekurangan, padahal ada banyak produk organik yang tersedia dan tidak diketahui oleh banyak orang. Yang memicu masalah ini adalah pemasaran. “Kita tidak memberi label banyak produk sebagai ‘produk organik’,” katanya.

Untuk lebih memahami peranan pertanian organik dalam produksi pangan global di masa depan, Profesor Hundloe akan melakukan perjalanan keliling Australia dengan tiga siswanya. Tim ini telah melakukan perjalanan ke kawasan Queensland Tengah dan mewawancarai sejumlah produsen daging sapi dan domba organik yang penjualannya dalam skala besar.

“Kawasan Gympie adalah industri susu tertua, dan di sekitar Gympie telah ada perubahan dramatis. Tanah telah diambil alih oleh peternak kecil sapi, peternak babi dan petani sayuran dan buah”, jelasnya. Kawasan Gympie sangat dekat dengan Sunshine Coast yang merupakan pasar utama untuk makanan organik. Karenanya, Profesor Hundloe berharap petani di negara-negara bagian lainnya bisa melakukan transisi yang sama dengan yang telah terjadi Gympie.