Bagi Audi, penghelatan ajang Geneva Motor Show 2016 menjadi catatan sejarahnya di industri otomotif dunia. Sebab, perusahaan asal negara Jerman ini meluncurkan mobil teranyarnya yang mengusung nama Audi Q2.

Mobil ini hadir di jajaran keluarga SUV dengan dimensi yang compact yakni panjang 4.191 mm, tinggi 1.508 mm, lebar 1.794 mm. Dengan hadirnya Audi Q2, diharapkan mampu bersaing dengan mobil SUV dari vendor lainnya seperti Honda HR-V dan Mazda CX-5.

Dari desain yang diusungnya, Audi membekali mobil ini dengan grille single frame berdimensi jumbo, LED berukuran tipis, serta bumper yang dilengkapi dengan sejumlah ventilasi udara. Sementara di bagian atap belakangnya, terdapat pilar C, lampu LED, dan antena berbentuk sirip hiu yang dibalut dengan warna yang berlainan dari warna bodinya.

Apabila dibandingkan dengan pendahulunya, Audi Q2 hadir dengan performa yang bertenaga dan powerful untuk kepuasan para penggunanya. Oleh karena itu, mobil ini dirancang dengan desain grill octagonal yang dinamis serta garis bingkai luar yang tebal. Tak hanya itu, model lampu depan yang dimilikinya tampil dengan begitu agresif, ditambah dengan ornament bermotif honeycomb yang menjadikannya semakin tampil mewah dan mengesankan.

Lebih dari itu, Audi juga menggoreskan guratan garis bodi pada bagian samping casing ban mobil yang lebar serta menonjol dan dua buah muffler tip yang tersemat di bagian kiri bumper belakangnya. Audi Q2 juga dibenami spoiler di bagian buritan, lampu belakang berbentuk kotak, dan diffuser berwarna hitam yang tersemat di bawah bumper.

Interior

Sedangkan di bagian kabinnya, mobil ini dibalut dengan warna hitam dan joknya dilapisi dengan bahan kulit. Di tengah dasbornya, Audi Q2 disenjatai dengan multimedia interface yang dapat dimanfaatkan sebagai pusat hiburan dan beberapa pengaturannya untuk mempermudah serta memberikanya kenyamanan kepada para penggunanya. Khususnya di pasar Eropa, multi media interface bermanfaat untuk mencari informasi terkait lalu lintas sampai ketersediaan tempat parkir. Selain itu, Audi juga membenami mobil ini dengan head-up display serta instrument cluster digital.

Di sektor mesinnya sendiri, Audi Q2 diluncurkan dalam varian mesin, yaitu TFSI dan TDI yang mempunyai kapasitas sebesar 1.0L sampai 2.0L. Apabila anda ingin memiliki mobil yang hemat bahan bakarnya, bisa memilih mobil dengan mesin 1.0L 3-silinder TFSI (116 HP) atau 1.4 L TFSI (150 HP), sedangkan untuk versi dieselnya tersedia 1.6L 4-silinder TDI (116 HP).

Disamping itu, apabila anda membutuhkan sebuah mobil yang mampu menghasilkan tenaga super, bisa memilih Audi Q2 yang bermesin diesel 2.0L TDI yang memiliki tenaga sebesar 150 HP dan 190 HP serta mesin bensin 2.0 L TFSI (190 HP). Demikian pula dengan transmisi mobil ini yang terdapat dalam 2 pilihan, yakni double kopling S-tronic 7 percepatan dan manual 6-percepatan.

Mobil yang dapat menampung hingga 5 orang ini diadaptasikan layaknya berkendara menggunakan sedan, tapi daya pandangnya terlihat tetal luas seperti mobil SUV pada umumnya. Audi Q2 juga mempunyai bagasi berkapasitas 405 liter dan bahkan bisa lebih luas dari itu apabila kursi belakangnya dilipat.

Audi Q2 juga hadir dengan dibekali sistem pendeteksi pejalan kaki maupun kendaraan lainnya yang ada didepannya, sehingga bisa langsung mengerem secara otomomatis. Menariknya, pengereman tersebut bisa dilakukan dari kecepatan tinggi ke kecepatan yang rendah.