yandex
Nasional

Atasi Macet, Ahok Pilih LRT Dibanding MRT

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berambisi membangun angkutan massal Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). Namun, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama lebih memilih LRT.

“Banyak kota besar yang menggunakan LRT. Moda ini akan menjadi solusi transportasi di Ibu kota,” kata Ahok di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (1/4/2015).

Ahok mengakui proyek LRT belum memiliki kajian teknis dan DED. Namun, jalur atau koridornya sudah ada. Manurut dia, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dapat berperan membuat kajian moda transportasi ini dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) ke Kampung Bandan.

“Kami lebih memilih LRT dibanding MRT. Lebih baik ini ditangani oleh Menteri Perhubungan dan Bappenas,” ujarnya.

Ahok berharap, pembangunan yang meniru angkutan massal Kota New York itu dapat dilakukan tahun depan.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Bidang Transportasi, Sutanto Soehodho mengatakan, jika pembangunan melibatkan swasta, maka pola kerja dilakukan dengan mekanisme public private partnership (PPP). Artinya, pembangunan LRT didanai oleh pemerintah dan swasta dengan sistem sharing.

Sutanto memastikan pembangunan LRT tidak akan membebaskan lahan. Pemerintah akan bangun jalur LRT secara layang menggunakan lahan yang ada. Konsep pembangunan LRT akan terintegrasi dengan gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.

FZN

Sumber : metrotvnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button