Kabarnya, ponsel Zenfone terbaru yang dirilis oleh Asus tak lagi menggunakan prosesor besutan Intel. Untuk menggantikannya, produsen asal Taiwan ini akan beralih menggunakan prosesor buatan Qualcomm dan MediaTek.

Selama ini, Asus menjadi salah satu produsen smartphone yang selalu menggunakan prosesor buatan Intel. Namun, seperti yang diungkapkan Jerry Shen, selaku CEO Asus, saat ini ponsel ponsel pintar terbarunya yang bertajuk Zenfone 3 tak lagi dibekali dengan prosesor milik Intel.

Berdasarkan kabar yang didapat dari pihak Zenfone menyatakan bahwa 90 persen dari semua lini produk Zenfone kini sudah menggunakan prosesor Qualcomm. Sementara sisanya dibekali dengan prosesor dari MediaTek.

Pihaknya memperkirakan bahwa 66 persen dari jumlah unit Zenfone 3 yang diproduksi ialah Zenfone 3 Max, sedangkan sisanya adalah versi Deluxe. Zenfone terbaru ini kabarnya akan diluncurkan pada Juni mendatang dengan harga mulai dari Rp 3,4 juta sampai Rp 4 juta.

Pada bulan lalu, Intel dikabarkan telah mengibarkan bendera putih di pasar ponsel. Kabar tersebut dipicu dengan adanya informasi yang menyatakan bahwa Intel sudah menghentikan pengembangan dua prosesor Atom yang di khususkan untuk perangkat mobile, yakni Broxton dan Sofia.

Tak hanya itu, Intel juga dikabarkan telah membatalkan produksi prosesor seri Atom X5 dan menggantinya dengan meluncurkan prosesor Pentium serta Celeron yang dominan menargetkan komputer 2-in-1.