Asap Dari Indonesia Tiba Di Filipina

DUAKALI.COM – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan dan Sumatera kini sudah sampai di Filipina. Adapun wilayah di Filipina yang terkena dampak asap dari Indonesia adalah pulau Mindanao.

Jose Bodiongan, seorang Manajer bandara Laguindingan di Misamis Oriental, Filipina mengatakan pada hari Selasa peringatan untuk aktivitas penerbangan telah dikeluarkan. Jadwal penerbangan terganggu karena ‘nol visibilitas’ alias jarak pandang yang minim dan nyaris tidak terlihat.

Bahkan dua penerbangan domestik telah dibatalkan dan puluhan lainnya ditunda di 10 bandara di Mindanao sejak 16 Oktober lalu. Ribuan penumpang pesawat pun terkena dampaknya. Tidak hanya aktivitas penerbangan yang terganggu di Filipina, kabut asap dari Indonesia pun mengancam aktivitas belajar mengajar para siswa.

Floriquita Gayo Dela Pena Dulfo seorang kepala sekolah tinggi di Bislig, Surigao Del Sur melaporkan pada hari Senin kabut asap sudah mulai terlihat. Siswa pun mulai takut dan khawatir saat bersekolah. Mereka takut kesehatannya terganggu.

Kabut asap tebal juga menyelimuti Davao, kota terbesar di Mindanao yang berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa. Bandara di kota itu juga termasuk yang terkena dampak kabut asap ini, menangani 48 penerbangan setiap hari.