AS Ragukan Klaim ISIS atas Serangan di Kontes Kartun Nabi Muhammad

Washington: Amerika Serikat (AS) meragukan klaim kelompok militan Islamic State (ISIS) yang mengaku berada di balik serangan di luar area kontes kartun Nabi Muhammad di Garland, Texas, akhir pekan kemarin.

ISIS mengklaim serangan yang dilakukan dua pria bersenjata di luar gedung Curtis Culwell Center, tempat berlangsung kontes. Keduanya tewas terkena tembakan balasan aparat.

“Kasus ini masih diselidiki FBI dan anggota komunitas intelijen lainnya untuk menentukan apakah kedua pria itu terkait grup IS (ISIS),” tutur juru bicara Gedung Putih Josh Earnest, seperti dilansir AFP, Selasa (5/5/2015).

“Jadi, masih terlalu dini mengonfirmasi (klaim ISIS) itu,” sambung dia.

Dalam sebuah pernyataan di saluran radio ekstremis Al Bayan, disebutkan bahwa “dua tentara khilafah” telah melancarkan serangan di Garland. Disebutkan pula ISIS akan melakukan serangan lanjutan di masa mendatang.

ISIS tidak memberikan detail lebih lanjut, dan belum diketahui apakah grup ekstremis itu hanya sekadar mengklaim. Ini adalah pertama kalinya ISIS mengklaim serangan yang terjadi di Negeri Paman Sam.
WIL

Sumber : metrotvnews.com