Menjelang penghelatan laga Grup D Piala Eropa 2016 mendatang, Vicente Del Bosque telah memutuskan menjadikan David De Gea sebagai kiper utamanya. Apakah alasan yang membuat pelatih berusia 65 tahun itu lebih memilih De Gea jika dibandingkan dengan Iker Casillas?

Berdasarkan kabar sebelumnya, Timnas Spanyol dikabarkan tidak akan merekrut De Gea untuk menghadapi kompetisi bergengsi itu. Pasalnya, kiper asal Manchester United itu sempat dirumorkan terlibat di dalam kasus pelecehan seksual.

Akan tetapi, David De Gea sendiri menepis rumor tersebut dan ingin menunjukkan jika dirinya layak menjadi kiper tim dibawah asuhan Vicente Del Bosque itu. Hal itu dibuktikannya dengan hasil yang menggembirakan.

Faktanya, De Gea mampu menahan serangan dari para pemain Rep Ceko sebanyak tiga kali. “Jujur, saya sempat terpukau dengan permainan De Gea dalam kompetisi itu. De Gea membuktikan jika ia tidak akan pernah terpengaruh dengan isu miring yang dialaminya. Nyatanya, peluang yang kami berikan, benar-benar dimanfaatkan olehnya,” tutur Vicente Del Bosque.

Sejatinya, pelatih kelahiran 23 Desember 1950 itu memiliki beberapa alasan untuk lebih memilih De Gea ketimbang Casillas. Vicente Del Bosque ingin memberikan peluang untuk para skuad mudanya.

“Saya begitu bangga dengan apa yang dimiliki Casillas. Dia adalah pemain yang luar biasa dan konsisten untuk memperkuat tim. Saat ini bukan waktunya lagi memperbincangkan tentang siapa yang akan tampil di laga selanjutnya, melainkan untuk mengevaluasi pertandingan sebelumnya,” paparnya.