Apple Pecundangi Xiaomi di Tiongkok

Berdasarkan data dari Kantar Worldpanel ComTech, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penelitian pasar konsumen, Apple berhasil mengambil posisi Xiaomi sebagai penjual smartphone terbesar di Tiongkok.

Seperti yang dilansir dari cnet, selama bulan Desember hingga Februari, iPhone 6 milik merupakan ponsel yang paling banyak dibeli dengan pangsa pasar 10,2 persen. Artinya, penjualan produk Apple meningkat jika dibandingkan dengan penjualan pada tiga bulan sebelumnya yang hanya berhasil mendapatkan pangsa pasar sebesar 9,5 persen.

Sementara iPhone 6 Plus berada di posisi ketiga dalam daftar ponsel yang paling laku dijual dengan RedMi Note milik Xiaomi berada di posisi kedua. Dengan dua iPhone terbaru dan beberapa model iPhone terdahulu yang laku keras, Apple kini menjadi penjual ponsel terbanyak di Tiongkok dengan pangsa pasar sebesar 27,6 persen.

Dengan jumlah pengguna smartphone sebanyak 520 juta orang, Tiongkok merupakan incaran utama Apple dan berbagai produsen smartphone lainnya. Apple terus berusaha untuk membuat kontrak bisnis dengan tiga perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Tiongkok, termasuk China Mobile yang merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Tiongkok.

Sebelum ini, pesaing asal Tiongkok, seperti Xiaomi memiliki keuntungan karena mereka dapat menawarkan smartphone berkualitas tinggi dengan harga yang lebih rendah. Fakta bahwa kini Apple berhasil merajai pasar Tiongkok membuktikan bahwa iPhone 6 dan iPhone 6 Plus adalah ponsel yang sangat diminati.

“Masyarakat menunjukkan minat untuk membeli produk Apple sejak peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Dan tren ini terus berlanjut hingga hari raya Tahun Baru China,”kata Carolina Milanesi, ketua peneliti Kantar Worldpanel.

ABE

Sumber : metrotvnews.com