Sebutan Brexit adalah singkatan British Exit atau Inggris meminta referendum untuk keluar menjadi anggota Uni Eropa menjadi pusat perhatian di Dunia. Bahkan Mesin pencari Google mengklaim “Isu Uni Eropa?” adalah subjek yang paling dicari dalam sepekan ini.

Inggris telah mengambil ketetapan bersejarah tanggal 23 Juni, apakah akan tetap menjadi anggota atau malahan keluar dari keanggotaan Uni Eropa. Malahan negara-negara di luar Eropa ikut memantau perkembangan politik di Inggris. Hal itu terdekteksi melalui mesin pencari Google yang harus meladeni 10.000 kali kata Inggris dan Brexit.

“Apa maksudnya untuk angkat diri dari Uni Eropa?” itulah istilah yang paling yang berkaitan dengan Uni Eropa, dengan “negara-negara yang di Uni Eropa?”

“Apa yang akan terjadi jikalau nantinya Inggris angkat kaki dari Uni Eropa?” dan “berapa banyak negara di Uni Eropa?” itu juga masuk dalam lima besar dalam mesin pencaria Google seperti dilansir Daily, pada hari Sabtu kemarin

Survei online yang dioperasikan “YouGov” terhadap 5.000 orang mempertunjukkan 52% responden memilih bertahan di Uni Eropa, 48% membuktikan lebih baik Inggris keluar dari organisasi ini. Ipsos Mori melaksanakan jajak pendapat yang hasilnya menunjukkan yang pro-Uni Eropa 54% sementara yang memilih keluar dari Uni Eropa 46%.

Jikalau nantinya Inggris angkat kaki dari Uni Eropa, maka ini akan menjadi “pukulan terbesar” bagi organisasi ini sejak dibentuk beberapa dekade lalu. Bahkan Keputusan Inggris meninggalkan Uni Eropa mengguncang pasar keuangan dunia.