Pada saat Ujian Nasional 2016 ini bagi para pelajar SMA sudah dimulai. Biarpun sekarang tidak mutlak, tapinya pada saat sekarang ini pun akan menjadi faktor penentu bagi kelulusan anak Anda.

Sudah pasti selaku orangtua peran Anda di sini memang sangat diperlukan agar anak semakin tenang. Terapkanlah beberapa hal ini agar anak Anda merasa tetap tenang pada saat menghadapi ujian nantinya.

– Tetap berpikiran positif

Pada saat orangtua punyai pemikiran yang positif, anak secara alami akan menyerap energi tersebut. Oleh karena itu, bilamana Anda sedang duduk bersama dengan anak atau sedang membantunya belajar, berikan juga pemikiran yang positif mengenai ujian yang tengah dihadapinya agar ia itu semakin siap di dalam menempuh Ujian Nasional.

– Tak nuntut prestasi

Sangatlah penting tuk memahami potensi akademik anak Anda. Memaksa anak Anda tuk mendapatkan prestasi yang tinggi, sama sekali tidak dapat diterima. Memaksa anak Anda untuk bisa mendapatkan prestasi terbaik di dalam ujiannya hanya akan menghancurkan rasa percaya dirinya.

– Memerankan seperti layaknya teman

Disaat ujian tengah berlangsung, selain orangtua anak-anak pun perlu teman. Anda juga pastinya mengalami sulitnya masa ujian di masa sekolah dulu, jadi posisikan anak seperti apa yang Anda rasakan dulu. Sehingga, anak tak terlalu stres dan tahu bahwa orangtuanya dapat memahami mereka.