Anak Tak Disarankan Berkumur Gunakan Mouthwash

Meski semua bahan yang terkandung dalam mouthwash tergolong aman bila tertelan tidak sengaja, bukan berarti orangtua membolehkan anak menggunakan mouthwash setiap kali menyikat gigi.

Seperti disampaikan Founder Oktri Manesa Dental Clinic (OMDC), drg. Oktri Manesa bahwa mouthwash tidak masalah jika tertelan tapi karena ini untuk oral dalam mulut yang harus dibuangmaka mouthwash hanya boleh digunakan pada anak yang sudah dapat meludah dengan baik.

“Kalau tertelan sedikit tidak akan ada masalah apa-apa tapi diedukasi, mouthwash ini bukan untuk ditelan tapi supaya anak rajin membersihkan mulutnya,” kata Oktri di sela-sela peluncuran Formula untuk Indonesia untuk 4.000 anak Sekolah Dasar di SD Islam Al-Azhar, Jakarta, Senin (9/3/2015).

Secara ilmiah, kata Oktri, mothwash membantu mematikan bakteri dalam mulut. Tapi perlu diketahui juga kalau di dalam mulut terdapat bakteri positif dan negatif. Bila terlalu sering menggunakan mouthwash maka akan mematikan bakteri positif. Akibatnya, keseimbangan mulut akan hilang dan bakteri akan cepat terkumpul.

“Gunakan mouthwash seperlunya karena cairan ini biasanya diresepkan pada pasien yang memiliki gangguan mulut seperti karang gigi berdarah. Nggak usah gunakan kalau ada indikasi,” jelasnya.
Sumber : Liputan6.com