Yamaha baru saja meresmikan peluncuran motor terbarunya, yakni All New Yamaha R15. Apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, motor terbaru dari Yamaha ini dirancang dengan desain yang lebih sporty dan memiliki performa yang powerful. Lalu seperti apa spesifikasi Yamaha R15? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Dari sisi dimensi bodinya sendiri, Yamaha R15 terbaru ini dirancang dengan ukuran panjang 1.999 mm, tinggi 1.135 mm, lebar 725 mm, dan bobotnya mencapai 137 kg. sementara pada bagian tempat duduknya memiliki tinggi mencapai 815 dan jarak sumbu rodanya sebesar 1.325 mm.

All New Yamaha R15 dilengkapi dengan headlamp berdesain tipis dan mengandalkan lampu Full HD, sehingga mampu memaksimalkan pencahayaannya. Motor ini dihadirkan dalam 3 pilihan warna yang berbeda, yakni biru, hitam dan juga merah. Ketiganya dibalut dengan bodi full fairing yang tersemat lekukan pada setiap sisinya.

Di bagian belakangnya, Yamaha membekalinya dengan Banana Swing Arm yang meningkatkan kesan sporty pada motor ini. Sementara pada bagian depannya, terbenam suspensi depan Up Side Down berdiameter 37 mm untuk mengoptimalkan performanya.

Pada sektor dapur pacunya, All New Yamaha R15 disenjatai dengan kapasitas mesin sebesar 150cc. Berbekal mesin tersebut, motor ini mampu menyemburkan tenaga optimal mencapai 14.3 KW pada rotasi 10.000 rpm. Sementara torsi optimumnya sendiri mencapai 14.7 Nm pada 8.500 rpm.

All New Yamaha R15 Meluncur, Andalkan Mesin SOHC 150cc 1

 

Kemampuan tersebut juga didukung berkat dibekalinya penggunaan mesin SOHC yang mengadopsi teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi tesebut menjadi yang pertama digunakan Yamaha pada produk motor sebelumnya, yakni NMAX 155 dan telah terbukti jika dengan berbekal teknologi tersebut, maka akan menghasilkan tenaga yang powerful, tapinya konsumsi bahan bakarnya tetap irit.

Harga Yamaha R15 terbaru ini dibanderol lebih mahal jika dibandingkan dengan pendahulunya. Pasalnya, pabrikan ponsel asal Jepang itu telah memperlengkapinya dengan fitur Assist & Slipper Clutch yang bermanfaat untuk memperhalus pemindahan gigi serta mendongkrak kecepatan akselerasinya.

Terbenam pula sistem pembakaran Fuel Injection yang disempurnakan dengan sistem pendingin Liquid Cooled, sehingga menjadikan kinerja mesin motor ini semakin maksimal meskipun ketika dikendarai dengan kecepatan yang optimal.

Beralih ke bagian suspensinya, Yamaha R15 dijejali dengan suspensi depan berjenis Up Side Down berdiameter 37mm, sehingga mampu meningkatkan kestabilannya dan meningkatkan kenyamanan para penggunanya meski dikendarai dengan laju yang kencang.

Tak ketinggalan, All New Yamaha R15 juga diperlengkapi dengan rem cakram di bagian depannya yang memiliki ukuran 283 mm, sehingga menjadikan sistem pengeremannya semakin optimal. Sedangkan pada bagian belakangnya, tersemat rem cakram yang berkolaborasi dengan velg sporty dan ban berdimensi 140/70-17. Di bagian depannya sendiri, Yamaha membekalinya dengan ban berukuran 100/80-17.

Lebih dari itu, motor ini juga diperlengkapi dengan rangka Delta Box yang membalut setiap sisinya. Tapinya sayang, Yamaha tidak melakukan pembaharuan terhadap bagian knalpotnya, sehingga lebih baik anda menggantinya dengan knalpot after market yang desainnya lebih keren dan suaranya pun lebih maksimal.

Selain mengandalkan fitur Assist & Slipper Clutch untuk menyempurnakan performanya, All New Yamaha R15 juga dipersenjatai dengan fitur Spedometer Full Digital, lengkap dengan fitur shift timing light yang bermanfaat untuk menginformasikan posisi gigi. Tidak hanya itu, speedometer tersebut dapat disetting sedemikian rupa berdasarkan keinginan para penggunanya. Kemudian di bagian depan dan belakangnya telah tersemat lampu LED dengan Hazard yang mampu memberikan penerangan secara optimal.