Akibat Minum 16 Gelas Es Teh Setiap Hari, Pria Ini Alami Gagal Ginjal

Apakah Anda gemar minum es teh? hati-hati, terlalu sering minum es teh ternyata dapat membuat seseorang mengalami gagal ginjal.

Hal ini diungkap oleh seorang dokter setelah memeriksa pria 56 tahun dari Arkansas yang datang ke rumah sakit lantaran mengalami mual, kelelahan dan nyeri tubuh.

Setelah dilakukan tes urin, hasilnya menunjukkan adanya kristal oksalat kalsium, yang terbentuk menjadi batu ginjal. Tapi anehnya, pasien tersebut mengatakan bahwa dia tidak memiliki riwayat dari keluarga yang memiliki batu ginjal.

Setelah sang dokter menanyakan lebih lanjut, pria itu pun mengaku bahwa dia ternyata minum 16 gelas es teh setiap hari atau setara dengan empat liter.

Dokter dari University of Arkansas mengatakan bahwa es teh tak akan menyebabkan batu ginjal jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Teh hitam memiliki tingkat tinggi oksalat, zat kimia yang bisa menyebabkan batu ginjal dan bahkan menyebabkan gagal ginjal jika dikonsumsi dalam dosis berlebihan.

“Itu satu-satunya penjelasan yang masuk akal,” kata Dokter Umbar Ghaffar dari University of Arkansas yang menulis tentang pasien dalam sebuah artikel untuk New England Journal of Medicine. (Ningtriasih/dailymail)
AWP

Sumber : metrotvnews.com