yandex
Kesehatan

Air Kelapa, Miliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Anak

Kelapa merupakan salah satu jenis buah yang dikenal miliki segudang manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya bagian buahnya saja, daun, bunga, maupun kulit kayunya pun mempunyai banyak manfaat sesuai dengan cara pengolahannya. Bahkan buah kelapa dikenal sebagian masyarakat di Indonesia sebagai kebutuhan dasar hidup seseorang karena mampu memenuhi kebutuhan air dan makanan masyarakat setiap harinya.

Seperti yang telah kita ketahui, di dalamnya kelapa terdiri dari beberapa bagian penting seperti daging buah, air, sekam, serta tempurung yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Teristimewa adalah air kelapanya yang mengandung mineral, vitamin serta elektrolit yang tinggi. Berkat kandungan tersebut, air kelapa mampu mengatasi sembelit, diare, dan mengobati kolera.

Tidak hanya itu, manfaat air kelapa juga dapat diperoleh untuk mengatasi infeksi saluran kemih lantaran memiliki sifat antimikroba. Oleh karena beragamnya khasiat air kelapa, para ibu juga bisa memberikannya kepada anak-anak untuk mengoptimalkan sistem imunitas di dalam tubuhnya sehingga tidak mudah terjangkit penyakit.

Oleh karena itu, sangat esensial bagi setiap orang tua untuk menyadari bahwa betapa pentingnya air kelapa untuk kesehatan anak-anak anda. Berikut ini adalah 7 manfaat air kelapa bagi kesehatan bayi yang perlu anda ketahui.

1. Mencegah dehidrasi

Salah satu manfaat air kelapa untuk anak adalah mencegah terjadinya dehidrasi pada anak, utamanya ketika musim panas datang. Sejatinya, air kelapa berperan sebagai sumber terbaik untuk kembali menghidrasi tubuh anak dalam menunjang aktivitas setiap harinya.

2. Memperbaiki sistem pencernaan

Para ibu sebaiknya rutin memberikan air kelapa kepada anak untuk memperbaiki sistem pencernaan mereka dan membantu meluputkan beragam masalah pencernaan pada anak seperti ulkus lambung, diare, mual muntah, disentri, perut kembung, dan juga dispepsia.

3. Mengatasi sembelit

Untuk meluputkan masalah sembelit pada anak, setiap orang tua bisa memberikan asupan air kelapa. Pasalnya, air kelapa mampu meningkatkan hidrasi dengan baik, sehingga masalah sembelit yang diderita anak anda dapat teratasi dengan cepat.

4. Mengatasi muntah pada anak

Di kalangan anak-anak, muntah merupakan salah satu jenis masalah pada tubuh yang lumrah dialami. Meski demikian, sangat krusial bagi para orang tua untuk sesegera mungkin mengatasi hal tersebut. Salah satu bahan alami yang bisa anda manfaatkan dalam hal ini adalah air kelapa. Pasalnya, air kelapa mampu menenangkan perut sehingga gejala muntah pada anak dapat berkurang dan teratasi dengan maksimal.

5. Mengatasi infeksi saluran kemih

Manfaat air kelapa berikutnya adalah mengatasi infeksi saluran kemih. Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak adalah infeksi pada saluran kemihnya. Meski demikian, masalah tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan air kelapa.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Air kelapa juga berperan sebagai pelembab bagi kulit anak-anak anda. Tak hanya itu saja, air kelapa juga dapat menjadi moisturises kulit sehingga mampu meluputkan kandungan minyak berlebih di dalam kulit. Air kelapa ini juga mampu menyembuhkan infeksi pada kulit sehingga mampu meminimalisir munculnya noda maupun jerawat pada anak-anak. Hal ini berkat kemampuan air kelapa yang memiliki sifat antimikroba, antivirus, dan juga antibakteri.

7. Mengatasi cacingan pada anak

Manfaat air kelapa juga telah digunakan sejak dulu sebagai obat alami untuk meluputkan masalah cacingan pada anak-anak. Berikan air kelapa ketika sarapan, berselang tiga jam kemudian berikan campuran minyak jarak dan susu hangat. Cara ini dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button