Ahok Cerita Soal Mafia Anggaran

DUAKALI.COM – Pembenahan birokrasi dan anggaran masih menjadi fokus Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hingga berakhir masa jabatannya di tahun 2017. Ia terus membongkar permainan anggaran di internalnya. “Fokus saja beresin birokrasi saja sama anggaran,” kata Ahok di Gedung Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2015).

Menurut Ahok, program seluruh penganggaran dengan menggunakan e-budgeting belum sempurna. Salah satunya karena ada dugaan permainan dari oknum internal Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Mengantisipasi hal itu, Ahok mengecek satu per satu anggaran yang sudah dibahas dengan Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta.

“Soal anggaran, saya pikir mereka sudah potong kan mereka sudah ngaku potong banyak. Makanya kayak-kayak gini musti kita teliti. Jadi mental sebagian dalam itu masih ada. Terus, kita tanya enggak bisa jawab,” sambungnya.

Ahok berharap penyusunan APBD segera selesai. Dengan adanya pembersihan ini, Ahok yakin anggaran tahun 2016 dan tahun 2017 mendatang bisa maksimal dan tepat sasaran.

“Dulu lebih banyak ribuan, sekarang ya tinggal puluhan. Artinya kan ini yang harus dibersihkan. Saya yakin kalau ini bisa dibersihkan walaupun belum sempurna, ke tahun 2016 dan 2017 anggaran akan makin baik,” kata Ahok.