Pada dasarnya, kesehatan gigi dapat dipengaruhi dari makanan dan minuman yang diasup setiap hari. Ketika mengkonsumsi makanan, aka nada bakteri yang masik ke mulut dan berkembang menjadi plak sehingga menyebabkan noda pada gigi anda.

Untuk menjaga kesehatan gigi, alangkah baiknya anda mengasup makanan sehat yang tidak mengandung banyak gula, terlalu asam, dan minuman yang mengandung alkohol agar gigi anda tetap sehat dan terjaga kebersihannya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang untuk mendapatkan gigi sehat.

1. Minuman bersoda

Tidak mengasup minuman bersoda adalah salah satu cara menjaga kesehatan gigi terbaik yang bisa anda lakukan. Pasalnya, minuman soda mengandung gula yang tinggi sehingga akan merusak gigi anda. Pemanis buatan yang dimiliki minuman ini tidak hanya akan merusak gigi anda, melainkan akan meningkatkan berat badan anda.

2. Alkohol

Mengasup alkohol dalam jumlah yang berlebihan tidak hanya berimbas buruk untuk hati, melainkan juga untuk kesehatan gigi dan gusi. Perlu anda ketahui, alkohol mengakibatkan dehidrasi sehingga membuat mulut terasa kering lantaran berkurangnya air liur di dalam mulut. Hal inilah yang akan menyebabkan kerusakan gigi dan infeksi mulut serta gusi. Bahkan, mengkonsumsi alkohol setiap hari akan memicu kanker mulut.

3. Permen

Mengkonsumsi permen yang didalamnya terkandung gula yang tinggi akan merusak gigi anda secara perlahan. Apabila anda sudah ketagihan dengan makanan yang manis, sebaiknya anda mengunyah permen karet yang mempunyai label American Dental Association (ADA).

4. Makanan cepat saji

Kesehatan gigi anda akan terganggu apabila terlalu sering mengasup makanan cepat saji. Pasalnya, sebagian besar makanan dan minuman yang disajikan didalamnya mengandung bahan pengawet dan perasa makanan yang sangat berdampak buruk untuk gigi anda. Selain itu, kandungan pati dan gula yang dimiliki makanan cepat saji akan menempel lebih lama pada gigi anda. Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan menimbulkan plak.

5. Minuman energi

Untuk merawat gigi agar tetap sehat, hindarilah konsumsi minuman energi, karena minuman yang satu ini sangat kaya akan kandungan gula sehingga tidak baik untuk kesehatan gigi. Minuman ini juga mengandung asam fosfat dan asam sitrat yang berimbas buruk bagi enamel gigi. Bagi anda yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman ini, sebaiknya anda rutin memeriksakan gigi anda ke dokter.

6. Buah Berry

Jenis buah berry seperti blueberry mempunyai warna yang gelap sehingga bisa menodai gigi anda dan menempelnya pada enamel gigi. Sebaiknya, untuk anda yang sangat menyukai buah yang satu ini, rajinlah menggosok gigi setelah mengkonsumsinya.

7. Kopi

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah tidak mengasup kopi. Sejatinya, kopi akan memicu penumpukan bakteri pada gigi anda. Apabila anda termasuk pecinta kopi, ada baiknya untuk memilih kopi yang kandungan kafeinnya rendah.

8. Pempek
Pempek merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari karena memiliki rasa yang nikmat. Namun faktanya, makanan ini bisa merusak gigi anda akibat kuah cukanya. Cuka pada pempek mempunyai tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat memicu kerusakan gigi apabila mengasupnya dalam waktu yang sering.

9. Keripik

Mengasup makanan ringan seperti keripik dan kerupuk rupanya dapat mengganggu kesehatan gigi anda. Pasalnya, jenis camilan tersebut biasanya akan mudah tersangkut pada gigi dan apabila tidak segera dibersihkan, maka akan memicu terbentuknya karang gigi.

Sejatinya, kesehatan gigi sama pentingnya dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Gigi juga merupakan salah satu pendukung kecantikan diri anda. Untuk itu, inilah alasan betapa pentingnya untuk anda tidak mengasup makanan dan minuman yang bisa merusak gigi dan gusi anda.