Tahun 2015/2016 merupakan musim yang cukup mengecewakan untuk AC Milan. Pasalnya, Rossoneri hanya mampu finish di posisi ke-7 pada klasemen akhir Liga Italia dan ia gagal menjawarai pertandingan di Final Coppa Italia kala melawan Juventus.

Meski demikian, AC Milan diklaim sebagai klub tervital dalam sejarah sepak bola dunia, utamanya di Italia. Bahkan para pemain yang dimiliki klub ini dikenal memiliki kemampuan yang begitu mengesankan. Bahkan, Milan juga menjadi klub paling sukses dengan perolehan 18 gelar yang diakui oleh FIFA dan UEFA.

Tak hanya itu, skuad AC Milan juga sudah berhasil menjawarai rekor tiga Piala Interkontinental dan juga Piala Dunia Antarklub FIFA. Skuad asuhan Vincenzo Montella ini juga sukses menjawarai Piala Liga Eropa sebanyak tujuh kali. Tak heran jika Milan banyak ditakuti di Liga Eropa. Mengapa demikian? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Pemain bintang muda

AC Milan merupakan salah satu tim yang selalu ingin mengandalkan para pemain muda berbakat untuk mengisi skuadnya. Keputusan tersebut rupanya membuahkan hasil yang positif bagi klub ini. Sebut saja Gianluigi Donnarumma, seorang kiper muda yang selalu tampil dengan performa gemilang. Tak heran jika saat ini Milan berupaya untuk tetap mempertahankan keberadaannya.

Tidak hanya Donnarumma, nama Manuel Locatelli, Mario Pasalic, Suso, dan M’Baye Niang juga menjadi nama pemain muda yang paling menonjol di AC Milan. Keberadaan mereka di klub ini miliki kontribusi yang penting demi keberhasilan tim ini di setiap kompetisi.

2. Pelatih yang tepat

Tidak hanya miliki pemain bintang muda yang berbakat, AC Milan juga mempunyai pelatih yang tepat, yakni Vicenzo Montella yang mendapatkan kontrak mulai dari 1 Juli 2016 sampai 31 Juni 2018. Setelah beberapa musim menukangi klub ini, pelatih berkebangsaan Itali itu mampu membuktikan jika dirinya bisa memboyong skuad asuhannya itu menuju keberhasilan.

Pria berusia 42 tahun itu dihadirkan dari Sampdoria untuk membebaskan diri dari degradasi Serie A pada musim yang lalu. Demi mendapatkan Montella, kabarnya Milan harus merogoh kocek sebesar 1,1 juta Euro atau setara dengan Rp 16 miliar. Dari sebagian besar pertandingan, Montella dikenal sebagai sosok pelatih yang suka mengandalkan konsep permainan menyerang.

3. Didominasi oleh pemain berpengalaman

Milan menjadi salah satu klub besar yang cukup ditakuti oleh klub besar lainnya karena mereka didominasi oleh sejumlah pemain yang berpengalaman. Salah satunya adalah Riccardo Montolivo. Layaknya pada sebagian besar klub yang ada, masing-masing tim tentunya akan membutuhkan para pemain yang miliki sepak terjang tinggi untuk menorehkan beragam prestasi yang membanggakan.

Seperti yang telah kita ketahui, saat ini AC Milan telah didominasi oleh para pemain bintang yang berpengalaman, sebut saja Giacomo Bonaventura, Ignazio Abate, Riccardo Montolivo, dan juga Carlos Bacca. Kehadiran mereka di skuad ini membantu para pemain mudanya supaya lebih berkembang lagi, yakni melalui bimbingan dan kepemimpinan yang diberikan.

4. Suntikan dana

Silvio Berlusconi, selaku Presiden dan pemilik AC Milan kabarnya sudah melego sebagian besar sahamnya kepada seorang investor asal Tiongkok. Apabila hal itu benar terjadi, maka pemegang saham yang paling besar akan memiliki kendali untuk urusan kebijakan serta manajemen transfer di klub Milan. Kondisi ini memungkinkan akan diterimanya suntikan dana yang cukup banyak untuk klub ini.

Sesuai dengan data yang ada, AC Milan pernah mengalami yang namanya krisis keuangan. Tepatnya pada tahun lalu, mereka mengalami kerugian yang besarnya mencapai 93,5 juta euro atau setara dengan Rp 1,3 triliun. Tentunya, dukungan finansial yang dimiliki klub ini akan dipergunakan untuk membeli para pemain bintang yang berkualitas.