Di dalam tubuh, organ ginjal kita berperan sempurna untuk menyortir darah dari limbah metabolisme. Tapinya, lantaran adanya penyakit serius yang mengharuskan seseorang untuk mengasup obat-obatan, lama kelamaan menyebabkan ginjal menjadi rusak. Hal inilah yang kerap disebut sebagai gagal ginjal.

Umumnya penyakit ginjal direkomendasikan untuk tidak mengasup makanan yang didalamnya mengandung protein serta kalium tinggi. Tak hanya itu saja, asupan mineral serta karbohidrat pun harus dibatasi. Bagi anda penderita penyakit ginjal, dibawah ini adalah beberapa makanan yang harus dipantang.

1. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Tak hanya itu, kentang juga tinggi akan kandungan kalori dan proteinnya. Dengan mengasup kentang, maka akan muncul rasa haus dari dalam tubuh dan menjadikan anda ingin minum air dalam jumlah yang lebih banyak. Tapinya, asupan mineral yang boleh dikonsumsi penderita penyakit ginjal sangat terbatas.

2. Gandum

Meski gandum punya manfaat yang baik untuk kesehatan, Tapinya khusus untuk pengidap penyakit ginjal, makanan ini sebaiknya dihindarkan. Pasalnya jenis makanan yang satu ini sulit untuk dicerna oleh tubuh.

3. Daging

Beragam jenis daging layaknya sapi, ayam, dan kambing didalamnya terkandung protein hewani yang tinggi sehingga sulit diserap di dalam tubuh. Bagi anda para pengidap penyakit ginjal, upayakan untuk tidak mengasup daging agar tidak memperparah kondisi ginjal anda.

penderita-penyakit-ginjal

4. Telur

Telur juga merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan proteinnya. Lantaran makanan berprotein sulit disaring oleh organ ginjal, untuk itu penderita penyakit ginjal tidak dianjurkan untuk mengasup makanan ini. Bagi penderita yang mengkonsumsi makanan berprotein, organ ginjal tidak mampu bekerja dengan optimal, dan protein yang tidak tersaring didalamnya akan menumpuk menjadi racun yang membahayakan.

5. Keju

Makanan lainnya yang tidak boleh diasup oleh penderita penyakit ginjal adalah keju. Pasalnya, keju mempunyai kandungan fosfor, postasium dan kalium yang tinggi. Penderita penyakit ini memang dianjurkan untuk tidak mengasup makanan yang berkalium, agar tidak tertumpuk di dalam darah dan menyedot kalsium di dalam tubuh.

6. Sayuran bermineral tinggi

Beragam jenis sayuran yang bermineral tinggi seperti kubis, timun, bok choy, seledri, dan lain sebagainya juga dilarang untuk diasup dalam jumlah yang berlebihan untuk anda para penderita penyakit ginjal. Pasalnya, mengasup mineral secara berlebih akan sulit dicerna ginjal yang sudah rusak. Alhasil akan menumpuk di paru-paru, sehingga mampu memicu kematian.

7. Gorengan

Makanan yang harus dipantang oleh penderita penyakit ginjal, salah satunya adalah gorengan. Sebab, minyak yang dikandung di dalam makanan tersebut mampu menyebabkan keracunan asam pada tubuh, lantaran organ ginjal menentang untuk mencernanya. Untuk itu, penderita penyakit ini sebaiknya mengasup makanan yang pengolahannya di rebus atau dikukus saja. Meski demikian, anda pun wajib memperhatikan kandungan mineral yang terserap di dalam makanan tersebut.

8.Makanan yang diawetkan

Sebagian besar orang sangat gemar mengasup makanan yang diawetkan. Memang, makanan seperti ini sangat nikmat untuk dikonsumsi, tapinya bagi anda pengidap penyakit ginjal sebaiknya tidak mengasupnya. Bahan pengawet yang terkandung didalamnya sejatinya akan menjadi racun yang mampu memperburuk kondisi ginjal anda.

9. Kacang-kacangan

Bagi anda penderita penyakit ginjal, sangat tidak dianjurkan untuk mengasup beragam jenis kacang-kacangan. Didalamnya, kacang-kacangan terkandung fosfor yang tinggi. Tak hanya itu, jenis makanan ini juga mampu memicu rasa haus yang berlebihan.