yandex
Gaya Hidup

9 Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan

Semua makanan yang diasup setiap harinya tentu mengandung nutrisi yang lengkap. Namun perlu anda ketahui, faktanya makanan tertentu mempunyai manfaat khusus untuk menambah daya ingat serta mencerdaskan otak. Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan penambah daya ingat yang perlu anda ketahui.

1. Telur

Telur merupakan sumber protein terpenting bagi tubuh dan diklaim sebagai makanan penambah daya ingat. Meskipun bagian kuning telurnya mengandung koleterol yang cukup tinggi, tapinya telur memiliki kandungan kolin yang tinggi yang juga mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

2. Salmon

Seperti yang telah kita ketahui, salmon merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan asam omega-3 yang sangat krusial untuk tumbuh dan kembang fungsi otak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengasup salmon mampu mempertajam daya pikir seseorang serta mendapatkan hasil yang memuaskan ketika melakukan tes kemampuan.

3. Selai kacang

Salah satu jenis makanan untuk menambah daya ingat seseorang adalah kacang tanah atau selai kacang yang diklaim miliki kandungan Vitamin E dan antioksidan yang tinggi untuk memproteksi membran-membran sel saraf otak. Tidak hanya itu, selai kacang juga mengandung thiamin yang mampu membantu sel saraf pada otak dalam penggunaan glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi.

4. Buah Berry

Beragam jenis buah berry, seperti blackberry, blueberry, strawberry, dan lain sebagainya miliki kandungan nutrisi yang tinggi untuk menutrisi tubuh. Beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa dengan mengasup jenis buah yang satu ini, maka akan memperbaiki kinerja dan fungsi otak, termasuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat.

5. Gandum

Setiap harinya, otak kita membutuhkan asupan glukosa yang bersifat konstan. Dengan mengasup gandum murni, maka kebutuhan tersebut akan terpenuhi. Kandungan serat yang dimiliki gandum murni mampu membantu melepaskan glukosa di dalam tubuh. Makanan penambah daya ingat ini juga berperan aktif dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

6. Susu dan yoghurt

Beragam makanan olahan susu, seperti yoghurt dan susu mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua nutrisi penting inilah yang mampu membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Tidak hanya itu, makanan penambah daya ingat ini juga kaya akan kandungan protein dan karbohidratnya sehingga berperan sebagai sumber energy yang baik untuk otak.

7. Daging sapi tanpa lemak

Perlu anda ketahui, mengasup daging sapi tanpa lemak juga memberikan tubuh asupan zat besi dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam hal ini, zat besi berperan sebagai mineral esensial yang mampu mendongkrak konsentrasi serta energi pada otak. Tak hanya itu, daging sapi juga mengandung senyawa seng yang mampu tingkatkan daya ingat.

8. Oatmeal

Tak sedikit orang yang memasukan oatmeal kedalam menu sarapan mereka setiap harinya, karena jenis makanan yang satu ini merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Dengan mengasup oatmeal di pagi hari, maka energi yang diperlukan otak untuk melakukan aktivitas setiap harinya akan terpenuhi. Makanan penambah daya ingat ini juga memiliki kandungan serat dan nutrisi penting lainnya seperti potassium, vitamin E, seng, dan vitamin B yang mampu memaksimalkan kinerja otak.

9. Kacang-kacangan

Makanan penambah daya ingat yang berikutnya adalah kacang-kacangan. Dengan mengasup kacang-kacangan, maka akan menyuplai energi kedalam otak dari kandungan protein dan karbohidrat kompleks yang dimilikinya. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan mineral, vitamin, dan serat. Selain mampu memberikan energi yang maksimal, kacang-kacangan juga berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button