yandex
Kesehatan

9 Makanan Sehat Tuk Tingkatkan Kesehatan Otak

Mengasup makanan yang kaya akan lemak omega-3 dan antioksidan mampu mendongkrak kesehatan otak. Seiring dengan bertambahnya usia, otak pun akan turut menua. Sehingga sangat penting bagi anda utuk mendongkrak asupan nutrisi yang krusial untuk otak dan sistem saraf. Dibawah ini adalah beragam jenis makanan yang mampu mendongkrak kesehatan otak, yang perlu anda ketahui.

1. Wortel

Tak hanya krusial untuk menyehatkan mata, mengasup wortel juga ampuh untuk mendongkrak kesehatan otak. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition tahun 2010, didalamnya wortel mengandung senyawa luteolin yang mampu meminimalisir kekurangan memori pada otak yang juga berkaitan dengan bertambahnya usia serta peradangan.

2. Kenari

Berdasarkan sebuah studi yang dilansir dalam Journal of Nutrition disebutkan bahwa mengasup kacang mampu mendongkrak kesehatan otak. Kenari merupakan salah satu jenis makanan untuk otak yang kaya akan antioksidan sehingga mampu memberantas kerusakan DNA sel-sel otak yang dipicu oleh radikal bebas.

3. Telor Ayam

Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan otak ialah telor ayam. Terlebih dibagian kuning telornya yang mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin D, Vitamin A, dan Vitamin B yang sangat krusial diasup bagi mereka yang bekerja dengan mengandalkan otak.

4. Buah Berry

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa mengasup buah berry yang di dalamnya kaya akan vitamin mampu mendongkrak memori otak. Bahkan dalam sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2010 disebutkan bahwa 9 orang dewasa yang mengasup suplemen dari buah berry setiap harinya menunjukkan tingkat memori serta pembelajaran yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengasupnya.

5. Ikan

Salah satu cara untuk memelihara kesehatan otak adalah dengan mengasup ikan yang didalamnya kaya akan kandungan omega-3. Ikan berperan penting untuk memperlambat penurunan daya ingat yang umumnya melanda seseorang berbarengan dengan semakin bertambahnya usia. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Neurology tahun 2010, ikan mengandung vitamin B12 yang tinggi sehingga mampu mencegah otak dari penyakit Alzheimer.

6. Bayam

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dalam Journal of Gerontology, disebutkan bahwa mengasup sayuran hijau yang kaya akan kandungan vitamin C dan E berperan krusial dalam mendongkrak kemampuan kognitif otak. Seiring dengan bertabahnya usia, maka kemampuan untuk mengingat Sesuatu akan menjadi berkurang. Kandungan nutrisi yang dimiliki sayuran ini mampu mendongkrak kemampuan otak menjadi lebih baik.

7. Gandum utuh

Mengasup gandum utuh seperti brown rice yang kaya akan kandungan vitamin B6 faktanya mampu memelihara kesehatan otak. Di dalam tubuh, vitamin B6 berfungsi sebagai pemecah senyawa tertentu yang juga mampu menghambat terjadinya penurunan kognitif pada otak.

8. Bawang Putih

Gu Zeong, seorang profesor patologi dan ilmu anatomi di MU School of Medicine menuturkan bahwa bawang putih merupakan bahan alami yang paling banyak diasup. Banyak yang mengklaim jika bawang putih berperan krusial sebagai anti-inflamasi lantaran mengandung sulfur yang tinggi.

Kandungan yang dimiliki bawang putih itu mampu menangkalkan bahkan mentahirkan kerusakan sel pada otak yang dipicu oleh beragam masalah yang ada di lingkungan, seperti polusi udara maupun asap rokok. Kerusakan otak tersebut bisa disebabkan oleh penuaan, cedera otak, serta konsumsi alkohol yang berlebihan.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat dimanfaatkan sebagai vitamin untuk otak yang mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, yakni polyphenol. Mengasup makanan yang mengandung minyak zaitun tak hanya mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, melainkan juga menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button