Pisang dikenal sebagai salah satu jenis buah yang serbaguna dan multifungsi. Tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai makanan untuk diet, buah yang memiliki nama latin Musa paradisiaca ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan serta untuk menunjang aktivitas kita setiap harinya.

Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengasup 3 buah pisang setiap harinya, maka tubuh kita akan mendapatkan asupan kalium sebanyak 1.500 mg. Tidak hanya itu saja, manfaat pisang untuk kesehatan sangat beragam. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengasup tiga pisang setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh anda, sehingga buah ini sangat dianjurkan bagi para penderita hipertensi. Di dalam satu buah pisang terkandung sekitar 422 mg kalium. Tak hanya itu, pisang juga penting untuk menetralkan efek tekanan darah akibat natrium di dalam makanan.

2. Memperbaiki sistem pencernaan

Di dalamnya, pisang kaya akan kandungan serat, yakni serat tidak larut dan serat larut. Perlu kita ketahui, asupan serat sangat krusial untuk mengatur proses pencernaan di dalam tubuh. Dengan mengasup pisang sebanyak 3 buah per harinya, maka akan membuat anda merasa kenyang dan mampu mengatasi masalah sembelit. Tak heran jika pisang sering dijadikan sebagai menu sarapan baigi sebagian besar orang, utamanya pekerja.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah pisang selanjutnya adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung. Diet dengan mengasup makanan berserat telah dikorelasikan dengan resiko kardiovaskuler dan penyakit jantung koroner. Dengan mengasup 3 buah pisang setiap harinya, maka tubuh akan mendapatkan asupan mineral, antioksidan, serta vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

4. Menetralkan radikal bebas

Tak hanya kaya akan kandungan seratnya, buah pisang juga miliki kandungan vitamin C yang tinggi. Perlu kita ketahui, dengan mengasup buah pisang setiap harinya, maka kebutuhan vitamin C yang diperlukan di dalam tubuh akan terpenuhi sebesar 15 persen. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang mampu mentralkan radikal bebas yang mengancam tubuh.

5. Mengatasi Anemia

Khasiat buah pisang juga dapat dirasakan oleh anda yang mengidap anemia. Pasalnya, kandungan zat besi yang dimiliki pisang mampu mendongkrak produksi hemoglobin di dalam darah, sehingga anemia dapat terluputkan. Biasanya, seseorang yang mengidap penyakit ini, akan mudah merasa lelah, terlihat pucat, dan juga sesak napas. Tidak hanya itu, pisang juga kaya akan kandungan vitamin B6 yang ampuh menyetarakan kadar gula di dalam darah.

6. Meningkatkan suasana hati

Tak hanya krusial untuk kesehatan tubuh, manfaat pisang juga dapat kita peroleh untuk kesehatan psikologis kita. Perlu kita ketahui, di dalam satu buah pisang terkandung magnesium sebesar 27 mg. Kandungan ini mampu mendongkrak mood dan membuat tidur lebih maksimal. Apabila seseorang mengalami kekurangan magnesium di dalam tubuhnya, maka akan menimbulkan kecemasan, stress, dan masalah psikologis lainnya.

7. Menyehatkan sel-sel tubuh

Buah pisang juga kaya akan kandungan B6. Dngan mengasup buah ini, maka sebanyak 20 persen asupan yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi. Apabila kebutuhan vitamin ini terpenuhi dengan baik, maka akan membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin, insulin, dan amino nonesensial asam yang berguna untuk menyehatkan sel-sel dalam tubuh.

8. Menekan rasa lapar

Manfaat buah pisang yang juga bisa kita peroleh adalah menekan rasa lapar. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment dan Research Foundation di Chicago, disebutkan bahwa mencium aroma buah pisang saat merasa lapar mampu menipu otak anda dan berpikir bahwa anda sudah makan. Tidak hanya itu, pisang juga mampu menurunkan berat badan anda sehingga sangat baik untuk anda yang menjalani program diet.