yandex
Kesehatan

8 Manfaat Kacang Hijau dan Khasiatnya Tuk Ibu Hamil

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sering diolah menjadi bubur maupun peyek. Selain memiliki rasa yang enak, mengasup kacang hijau memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan, utamanya untuk ibu hamil. Mengapa demikian?

Pasalnya, kacang hijau mengandung protein yang tinggi serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan banyak para ahli yang menyarankan agar setiap balita mengasup jenis kacang yang satu ini lantaran kandungan nutrisi yang dimilikinya sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil. Ingin tahu apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Cadangan energi

Jenis kacang-kacangan yang memiliki nama latin Vigna Radiata ini mengandung senyawa karbohidrat komplek yang tinggi, sehingga berkontribusi untuk menyuplai energi yang dibutuhkan setiap ibu hamil selama menjalani proses kehamilan. Tentunya, energi ini akan memberikan tambahan tenaga untuk menunjang aktivitas mereka setiap harinya.

2. Memenuhi asupan gizi dan nutrisi

Setiap ibu hamil, direkomendasikan untuk mengasup beragam makanan sehat guna memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, hal tersebut juga sangat krusial untuk mendongkrak tumbuh kembang janin di dalam rahim ibu. Nutrisi yang terkandung di dalam jenis kacang-kacangan yang satu ini tergolong lengkap, sehingga dapat dijadikan sebagai asupan makanan rutin selama masa kehamilan.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Salah satu manfaat kacang hijau bagi kesehatan adalah melancarkan sistem cerna di dalam tubuh. Tak sedikit ibu hamil yang mengalami sembelit atau susah buang air besar. Hal itu bisa melanda jika ibu kurang mengasup makanan berserat. Kekurangan serat juga dapat menghambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh sang ibu, sehingga tubuh tidak menerima asupan gizi serta nutrisi yang optimal.

4. Meminimalisir resiko bayi terlahir cacat

Manfaat kacang hijau selanjutnya untuk ibu hamil adalah meminimalisir resiko bayinya terlahir dalam kodisi cacat. Kecacatan pada bayi, pada dasarnya dipicu oleh kekurangan asam folat di masa kehamilan. Kelainan yang dapat terjadi seperti bibir sumbing, kerusakan pada otak, serta kelainan jantung. Kacang hijau, merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan asam folat, sehingga sangat baik diasup oleh ibu hamil.

5. Menghindari Anemia

Di masa kehamilan, anemia merupakan gangguan kesehatan yang dapat membahayakan lantaran dapat memicu terjadinya keguguran maupun pendarahan ketika melahirkan. Salah satu penyebab anemia adalah tubuh kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Tidak hanya itu, anemia juga dapat dipicu oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh yang berkontribusi dalam pembentukan hemoglobin darah.

6. Mencegah masalah pada tulang

Tak hanya mampu mencegah anemia, manfaat kacang hijau bagi ibu hamil juga mampu meluputkan terjadinya beragam masalah pada tulang. Di dalamnya, kacang hijau mengandung kalsium serta zat besi yang tinggi, dimana kedua nutrisi ini sangat krusial untuk mencegah terjadinya gangguan pada tulang.

7. Mencegah bayi terlahir prematur

Sejatinya, kelahiran prematur dapat disebabkan oleh beragam faktor, yakni dari kondisi ibu dan janinnya. Kondisi sang ibu yang dapat memicu kelahiran secara prematur adalah anemia. Untuk meluputkan masalah tersebut, anda dianjurkan untuk mengasup vitamin A yang bisa didapat dari kacang hijau untuk menghindari proses persalinan prematur.

8. Meminimalisir resiko depresi setelah persalinan

Manfaat kacang hijau yang juga krusial untuk anda ketahui adalah meminimalisir resiko depresi pasca proses persalinan. Di dalamnya, kacang hijau kaya akan kandungan vitamin B1 dan B2 yang mampu mendongkrak tingkat nafsu makan dan melenyapkan rasa takut serta stress pasca proses persalinan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button