Dalam dunia medis, donor darah tidak hanya bermanfaat untuk membantu orang-orang yang membutuhkan sumbangan darah saja, tapinya juga memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan. Sehingga tak heran jika banyak orang yang rutin melakukan kegiatan sosial yang satu ini.

Tapinya sayang, sampai saat ini sumbangan darah yang ada belum mampu menyetarakan kebutuhan darah yang diperlukan. Nah, dibawah ini adalah beragam manfaat donor darah yang perlu anda ketahui sehingga bisa membuat anda merasa tertarik untuk mendonorkan darah anda. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Menjaga kesehatan jantung

Dalam menjaga kestabilan detak jantung seseorang, aliran serta volume darah merupakan faktor yang paling krusial. Hal inilah yang menjadikan donor darah mampu meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Pernyataan ini diutarakan oleh seorang direktur bank darah dari Loyola University Health System, DeChristopher, M.D., Ph.D.

Sementara menurut Blood Flow Online, disebutkan bahwa mendonorkan darah secara rutin mampu meminimalisir kekentalan darah, sehingga mempermudah darah untuk mengalir ke seluruh tubuh dan ke jantung dengan lebih cepat dan maksimal.

2. Menurunkan resiko kanker

Manfaat donor darah yang selanjutnya adalah meminimalisir resiko kanker. Di dalam darah terkandung zat besi yang mampu memperbaiki kerusakan akibat adanya radikal bebas di dalam tubuh. Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menyebutkan bahwa mendonorkan darah mampu meminimalisir timbunan zat besi, sehingga resiko kanker dapat berkurang.

3. Menurunkan berat badan

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, donor darah juga miliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Seperti yang dilansir dalam sistus LiveStrong, disebutkan bahwa dengan mendonorkan sebanyak 1 kantung, maka akan terbakar kalori sebanyak 650 kalori. Hal itu sama saja dengan anda melakukan lari pagi selama 30 menit setiap harinya.

4. Mendongkrak produksi darah

Manfaat donor darah yang lainnya ialah membantu meningkatkan produksi sel darah yang baru. Proses pendonoran darah ketika proses donor akan menstimulus tubuh menjadi lebih sehat, optimal, sehat dan efisien dalam bekerja.

5. Membakar kalori

Manfaat donor darah yang selanjutnya adalah menjadikan tubuh lebih fit dan bugar. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa dengan mendonorkan sekitar 450 ml darah, maka akan membantu menurunkan berat badan seseorang. Pasalnya, aka nada 650 kalori yang terbakar ketika mendonorkan darah sebanyak itu.

6. Menurunkan kolesterol

Mendonorkan darah secara rutin juga bermanfaat untuk membantu anda menurunkan kolesterol di dalam tubuh seseorang. Tak hanya itu saja, dengan kegiatan sosial yang satu ini juga mampu meminimalisir tekanan darah di dalam darah untuk anda yang menderita hipertensi.

7. Menurunkan kadar zat besi dalam darah

Apabila anda memiliki jumlah zat besi yang tinggi di dalam darah, maka donor darah ialah alternatif yang tepat untuk meluputkan masalah tersebut. Pasalnya, kadar zat besi yang tinggi di dalam darah akan memicu resiko penyakit jantung. Saat anda mendonorkan darah secara rutin, maka zat besi yang berlebihan di dalam darah akan berkurang.

8. Pembaharuan sel-sel darah

Manfaat donor darah yang dilakukan secara rutin salah satunya ialah regenerasi sel darah di dalam tubuh. Bagi anda yang melakukan kegiatan donor darah ini secara teratur, maka regenerasi sel darah merah akan terjadi dalam waktu 48 jam pasca anda melakukan donor darah. Selama waktu tersebut, kapasitas darah di dalam tubuh akan tergantikan dengan yang lebih baru, sehingga menjadikan tubuh lebih prima dan bugar.