Bagi setiap penderita kolesterol tinggi, sangat dianjurkan untuk memiliki pantangan makanan yang setiap harinya dikonsumsi. Pasalnya, mengasup makanan yang salah, maka akan memperparah atau meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Pada dasarnya, makanan yang dianjurkan bagi penderita kolesterol akan jauh berbeda denga orang-orang yang tidak mengalaminya. Mereka disarankan untuk mengasup makanan sehat yang mampu meminimalisir kadar kolesterol di dalam darah. Dibawah ini akan dibahas terkait 8 makanan sehat yang direkomendasikan untuk pengidap kolesterol.

1. Kentang

Salah satu makanan sehat untuk penderita kolesterol adalah kentang. Dalam hal ini, anda perlu memperhatikan cara pengolahannya sehingga memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan. Anda bisa mengolahnya dengan cara memanggang atau merebusnya, karena kalau di goreng mengandung lemak yang tinggi.

2. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan salah satu makanan yang sangat direkomendasikan bagi anda penderita kolesterol. Mengasup biji-bijian seperti beras dan kacang-kacangan sangat baik lantaran kandungan kolesterolnya sangat sedikit, bahkan tidak ada. Namun, dalam pengolahannya upayakan untuk tidak menambahkan bahan-bahan yang mengandung lemak.

3. Ikan

Bagi anda para penderita kolesterol tinggi, salah satu makanan sehat yang dapat diasup adalah ikan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega-3. Dalam hal ini, anda pun perlu memperhatikan juga cara penyajiannya karena yang paling dianjurkan adalah dengan mengukus atau memanggangnya.

makanan-untuk-penderita-kolesterol

4. Jamur

Mengasup Jamur sangat direkomendasikan bagi penderita kolesterol. Karena itu, jenis makanan yang satu ini dapat dijadikan sebagai alternatif bagi anda penderita kolesterol. Namun yang perlu diingat adalah, jangan mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya yang mengandung lemak.

5. Kacang

Perlu kita ketahui bahwa di dalamnya, kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan. Tak hanya itu, dengan mengasup kacang, maka tubuh akan mendapatkan senyawa magnesium, fitokimia, dan vitamin E yang juga memberikan kesehatan untuk jantung.

Bahkan, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang mengasup kacang-kacangan secara rutin akan memiliki resiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Kandungan lemak sehat yang dimiliki kacang juga sangat baik untuk persendian tulang.

6. Alpukat

Makanan sehat lainnya yang juga dianjurkan untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah alpukat. Pasalnya, jenis buah yang bernama latin Persea Americana ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal, efektif dalam meminimalisir kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga mempunyai kandungan beta-sitosterol yang berperan sebagai lemak nabati, dimana lemak tersebut mampu menurunkan kolesterol yang diserap makanan.

7. Bayam

Bayam juga sangat direkomendasikan bagi anda para penderita kolesterol tinggi. Di dalamnya, jenis sayuran yang satu ini kaya akan kandungan lutein. Kandungan ini sangat berperan penting untuk memelihara mata serta mencegahnya dari degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama dari kebutaan.

Oleh karena itu, anda disarankan untuk mengasup setengah cangkir bayam setiap hari supaya tubuh kita terhindar dari serangan penyakit jantung dengan cara meluputkan kolesterol pada dinding arteri yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan.

8. Teh

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang kaya akan kandungan antioksidan, baik disajikan dalam kondisi panas maupun dingin. Teh juga mampu menjadikan pembuluh darah lebih rileks serta menghindarkan terjadinya pembekuan darah. Tak hanya itu, kandungan flavonoid yang dimiliki teh juga mampu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL yang berperan untuk meminimalisir kadar kolesterol di dalam tubuh. Anda bisa meminum secangkir teh secara rutin, baik itu teh hitam maupun teh hijau.