yandex
Kesehatan

8 Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Kualitas Tidur Anda

Kesulitan tidur pada malam hari memang sangat menjengkelkan bagi setiap orang. Kondisi ini disebabkan oleh adanya gangguan tidur, seperti insomnia. Biasanya, masalah ini dapat disebabkan oleh beragam hal, seperti mengasup makanan yang berlebihan sebelum tidur, bermain game, ataupun mengkonsumsi minuman atau makanan yang salah.

Pada dasarnya, makanan yang diasup sebelum tidur memang bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur. Karena itu sebelum tidur, anda perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi agar tidak mengganggu kualitas tidur anda di malam hari.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang optimal, anda direkomendasikan untuk mengasup makanan yang kaya akan kandungan melatonin, potassium, triptofan, dan magnesium. Pasalnya, sejumlah kandungan tersebut mampu menjadikan sistem saraf anda menjadi lebih rileks. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang mampu tingkatkan kualitas tidur anda di malam hari.

1. Cherry

Cherry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan melatonin, yang mampu membatu anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Apabila mengasup cherry secara rutin, maka siklus tidur anda akan menjadi lebih baik. Bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa mengasup kue tart yang ditambahkan sari cherry mampu membantu mengatasi insomnia.

Berdasarkan studi tersebut, disebutkan bahwa mengasup satu genggam cherry segar sebagai cemilan di malam hari akan menjadikan kuliatas tidur anda lebih maksimal. Bagi anda yang kesulitan mendapatkan cherry segar, anda juga bisa mengkonsumsi cherry yang telah dikeringkan karena tetap memberikan manfaat yang serupa.

2. Tomat

Tomat dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Di dalamnya, tomat mengandung melatonin dan lycopene yang berpengaruh pada kualitas tidur anda. Mengasup tomat sebelum tidur di malam hari akan membantu anda mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

3. Almond

Salah satu jenis kacang-kacangan yang tinggi akan kandungan magnesium dan triptofan adalah almond. Kedua kandungan yang dimiliki almond ini tak hanya menjadikan tubuh lebih rileks, tapinya juga mampu menyeimbangkan detak jantung sehingga membuat tidur anda lebih lelap dan berkualitas.

4. Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan sehat yang bisa diasup pada malam hari sebelum tidur. Pasalnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan potassium dan magnesium yang mampu memaksimalkan kualitas tidur anda di malam hari.

5. Madu

Mengasup madu yang dicampurkan dengan air putih dapat menjadikan tidur anda lebih berkualitas di malam hari. Bahkan bahan alami yang satu ini telah dikenal sejak lama sebagai cara untuk meningkatkan kualitas tidur. Madu mampu meminimalisir hormon stres di dalam tubuh, sehingga tak heran apabila mengasup madu akan menjadikan tidur anda lebih nyenyak.

6. Anggur

National Institute of Health, Amerika Serikat menyebutkan bahwa anggur merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan kandungan melatonin yang mampu meluputkan masalah insomnia. Kandungan ini juga mampu meminimalisir tingkat kecemasan dan stres.

7. Salmon

Salmon merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan omega-3. Selain salmon, ada juga beberapa jenis ikan lainnya yang tak kalah menyehatkan, yakni seperti sarden, tuna, teri, dan masih banyak lagi. Professor Paul Montgomery dari University of Oxford menyebutkan bahwa zat DHA dalam omega-3 mampu mendongkrak kadar melatonin, sehingga mampu meminimalisir tingkat kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur anda.

8. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan makanan sehat yang miliki segudang manfaat bagi kesehatan. Mengasup sayuran hijau seperti kale yang kandungan kalsiumnya sangat tinggi mampu mengubah asam amino pada otak menjadi senyawa melatonin. Senyawa inilah menjadikan tubuh menjadi lebih mudah terlelap.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button