yandex
Gaya Hidup

7 Tips Tepat Tuk Mencegah Alergi Akibat Kosmetik

Bagi setiap kaum wanita, kosmetik adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk menunjang penampilan mereka setiap harinya. Bahkan kemanapun mereka pergi, kosmetik tak pernah terluputkan dari tasnya. Hal ini menunjukan betapa pentingnya kosmetik untuk setiap wanita.

Tak bisa dipungkiri lagi memang kosmetik sangat krusial bagi penampilan setiap wanita. Kosmetik mampu menyulap bagian wajah setiap wanita agar tampak cantik dan mempesona di setiap penampilannya. Tapinya, tidak semua kosmetik yang digunakan aman untuk digunakan.

Ada beragam jenis produk kosmetik berbahaya yang didalamnya terkandung bahan-bahan kimia seperti merkuri, dan lain-lain. Sangat krusial bagi anda untuk memperhatikan produk yang baik bagi wajah anda. Pasalnya, pemakaian kosmetik yang tidak sesuai juga bisa mengakibatkan beragam masalah kulit, salah satunya adalah alergi atau iritasi.

Kosmetik yang memicu alergi pada wajah biasanya dialami bagi setiap wanita yang miliki kulit sensitif. Kondisi ini akan menimbulkan efek gatal-gatal, kulit menjadi memerah, sampai munculnya jerawat. Oleh karena itu, upayakan untuk memilih produk kosmetik yang cocok untuk jenis kulit anda.

Nah, apabila membahas perihal kosmetik, berikut ini adalah beragam tips yang mampu mencegah alergi akibat penggunaan kosmetik yang tidak tepat agar wajah anda tetap terlihat cantik dan mempesona. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Gunakan kosmetik yang cocok dengan jenis kulit anda

Salah satu cara mencegah alergi akibat kosmetik adalah pilih produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki. Apabila anda tidak terlalu memahaminya, ada baiknya mengkonsultasikannya kepada dokter kecantikan atau bisa datang langsung ke klinik kecantikan.

2. Jangan gunakan kosmetik dengan orang lain

Alergi kosmetik dapat dihindarkan dengan tidak menggunakan kosmetik dengan orang lain, baik teman bahkan dengan anggota keluarga sekalipun. Pasalnya, dengan bertukaran kosmetik, akan terjadi pertukaran kuman sehingga bisa mengakibatkan alergi serta beragam masalah kulit lainnya.

3. Jangan gunakan kosmetik lama

Untuk mencegah alergi, upayakan untuk tidak menggunakan produk kosmetik yang sudah terlalu lama. Pasalnya, kosmetik dalam kondisi seperti itu akan terkontaminasi dengan bakteri sehingga sangat membahayakan kulit wajah anda. Sangat penting juga bagi anda untuk melihat tanggal masa berlakunya, apabila sudah kadarluasa, sebaiknya jangan digunakan lagi.

4. Membersihkan wajah dan tangan sebelum menggunakan kosmetik

Tips ampuh selanjutnya untuk mencegah alergi kosmetik ialah dengan membersihkan wajah dan tangan sebelum anda menggunakan kosmetik. Pasalnya, hal ini mampu meluputkan terkontiminasinya kosmetik dengan bakteri, debu, ataupun keringat pada kulit wajah dan tangan anda. Dengan memastikan kondisi tangan dan wajah yang bersih, maka kosmetik yang anda gunakan akan berfungsi secara optimal dan aman untuk digunakan.

5. Jangan gunakan kosmetik di area mata yang bermasalah

Hindarkan penggunaan kosmetik pada area mata saat mata anda sedang mengalami beragam masalah seperti infeksi selaput mata maupun infeksi konjungtivitas. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk memastikan masalah tersebut teratasi dengan maksimal, baru anda bisa menggunakan kosmetik.

6. Mencobanya dulu ketika menggunakan kosmetik baru

Bagi anda yang ingin menggunakan kosmetik dengan jenis produk terbaru, sebaiknya anda mencobanya terlebih dulu. Setelah mencobanya, lihat reaksi apa yang ditimbulkan pada kulit wajah anda dalam 24 jam kemudian. Apabila muncul masalah kulit yang mengganggu, ada baiknya hentikan penggunaan penggunaan kosmetik tersebut.

7. Bersihkan make-up sebelum tidur

Cara mencegah alergi yang terakhir ialah dengan meluputkan make up sebelum anda tidur di malam hari. Pasalnya, kosmetik yang telah terkontiminasi dengan keringat maupun debu bisa memicu terjadinya beragam masalah kulit, seperti alergi, komedo, gatal-gatal, jerawat, dan lain sebagainya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button