Siapapun anda yang ingin berprofesi menjadi seorang pengusaha atau pebisnis, keinginan tersebut dapat terwujud dengan mudah apabila dimulai dengan niat dan kesungguhan yang besar. Dalam hal ini, anda tidap perlu merogoh kocek dalam jumlah besar untuk membuka toko lantaran anda bisa membuka bisnis online di instagram.

Pasalnya, tak sedikit pelaku usaha yang sukses berbisnis melalui media sosial instagram. Di era yang modern ini, berbisnis melalui instagram punya peluang usaha yang cukup menjanjikan. Nah, bagi anda yang ingin mencobanya, berikut ini adalah beberapa tips memulai usaha melalui media instagram:

1. Mengatur dasar bisnis

Salah satu tips memulai usaha melalui instagram ialah mengatur dasar bisnis anda. Dalam hal ini, anda bisa menentukan desain logo berkaitan dengan bisnis anda geluti. Tak hanya itu, anda juga perlu menentukan misi dan visi yang ingin anda capai dari bisnis tersebut. Setelah selesai menentukan, sertakan visi dan misi tersebut di bio instagram anda dan tak lupa untuk disertakan juga kontak yang bisa dihubungi.

2. Posting produk di waktu yang tepat

Guna memastikan postingan foto dari produk anda dilihat oleh banyak orang, pastikan untuk mempostingnya pada waktu yang tepat. Umumnya, waktu yang tepat untuk menguploadnya adalah pagi hari sebelum jam kerja, jam istirahat kantor, dan setelah jam pulang kantor. Pasalnya, kebanyakan orang akan memaksimalkan waktu luang mereka untuk memainkan gadgetnya. Dengan demikian, alam semakin banyak orang yang melihat dan penasaran dengan produk yang anda tawarkan.

3. Konsisten dengan caption dan foto

Jika anda berniat untuk berbisnis melalui akun instagram, tips memulai usaha yang tepat untuk anda lakukan adalah memposting foto-foto terkait produk dari usaha anda dengan menyertakan caption yang sesuai dan konsisten. Upayakan untuk membedakan akun pribadi instagram pribadi dan untuk berbisnis. Perhatikan pula cara memposting fotonya agar orang-orang yang melihatnya terpikat dengan produk anda.

4. Buat isi konten yang menarik

Tips memulai usaha melalui akun instagram yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan ialah anda perlu membuat konten berkualitas berkaitan dengan bisnis yang anda geluti. Hal ini penting dilakukan agar orang-orang yang membacanya mengenali sejumlah produk dari usaha anda.

5. Menjalin hubungan baik dengan follower

Ketika anda memutuskan untuk menggeluti bisnis melalui instagram, pastikan untuk tidak meremehkan respon dari follower yang memberikan komentar terhadap produk-produk anda. Penting bagi anda untuk memperhatikan saran maupun kritikan yang diberikan mereka terhadap produk yang anda posting. Semakin anda memberikan respon baik kepada mereka, maka mereka juga akan melakukan hal yang sama. Besar kemungkinan, mereka juga akan membantu anda dalam mempromosikan produk-produk yang anda jual sehingga bisnis anda semakin berkembang.

6. Belajar dari komunitas

Tips memulai usaha melalui akun instagram yang perlu anda perhatikan ialah belajar dari komunitas. Dalam hal ini, manfaatkan akun anda tidak hanya untuk mempromosikan sejumlah produk dari bisnis yang anda geluti, melainkan juga menjadi tempat orang-orang berbagi. Misalnya ada komunitas yang berhubungan dengan bisnis anda, janganlah ragu untuk anda mem-follownya dan mengambil ilmu dari bisnis mereka. Sangat penting bagi anda juga untuk mengembangkan jaringan dan wawasan anda dalam membangun bisnis.

7. Dapatkan pelanggan dan patner baru

Tips memulai usaha melalui instagram yang terakhir adalah dapatkan pelanggan dan patner baru. Sejatinya, instagram merupakan salah satu media sosial yang bisa memfasilitasi anda untuk bertemu dengan orang-orang baru dan menjalin kerja sama dengan mereka. Manfaatkan hal itu dalam menjalani bisnis anda. Semakin banyak relasi yang anda kenal, maka anda bisa menambah banyak pelanggan.