yandex
Gaya Hidup

7 Tips Ampuh Tuk Tingkatkan Kecantikan Rambut dan Kesehatannya

Rambut adalah mahkota wanita. Itulah ungkapan yang diyakini oleh setiap kaum wanta. Pasalnya, rambut merupakan asset wanita yang sangat mempengaruhi penampilan. Karena itu, tak heran jika banyak orang yang melakukan beragam perawatan rambut untuk memperindah dan mempercantik mahkota yang dimilikinya itu.

Nah, untuk menjaga kecantikan rambut, tidak hanya perlu melakukan beragam perawatan kita juga diwajibkan untuk melindungi rambut dari semua hal yang dapat merusaknya, utamanya adalah paparan sinar matahari. Selain dapat merusak kecantikan kulit, paparan cahaya matahari juga bisa berimbas buruk bagi kesehatan dan kecantikan rambut anda.

Tapinya, anda tidak mengkhawatirkannya terlalu berlebihan. Karena, di bawah ini akan dibahas terkait tips merawat rambut agar tetap cantik dan sehat akibat paparan sinar matahari. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Hindari keramas terlalu sering

Tak dapat dipungkiri, keramas memang sangat baik untuk kecantikan rambut dan kesehatannya. Dengan keramas, maka rambut akan ternutrisi. Tapinya, anda perlu membatasinya dan upayakan untuk tidak terlalu sering melakukan keramas. Pasalnya, shampo bisa melenyapkan minyak pada rambut sehingga kelembaban pada rambut menjadi hilang. Kondisi itu juga akan mengakibatkan kerontokan rambut dan ketombe. Hal ini akan semakin parah apabila rambut anda sering terkena paparan sinar matahari.

2. Menggunakan serum rambut

Salah satu tips kecantikan rambut yang bisa anda lakukan setelah melakukan aktivitas di luar rumah ialah menggunakan serum rambut. Dalam hal ini, pilihlah produk serum rambut yang miliki kandungan pelindung paparan cahaya matahari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan 1 sampai 2 jam sebelum anda beraktivitas ke luar rumah.

3. Gunakan topi

Untuk melindungi rambut dari paparan cahaya matahari langsung yang menyengat adalah dengan mengenakan topi. Dengan penggunaan topi, maka rambut akan terlindungi dan bisa menyempurnakan penampilan anda. Dalam hal ini, anda juga perlu menyesuaikan topi yang anda kenakan dengan busana anda sehingga akan terlihat lebih mempersona.

4. Gunakan Shampo yang mengandung SPF

Untuk menunjang kecantikan rambut anda, ada baiknya gunakan produk shampoo yang miliki kandungan SPF. Pasalnya, kandungan SPF ini mampu menjadikan rambut anda tetap cantik dan sehat walaupun terpapar oleh cahaya matahari. Kandungan ini juga mampu memproteksi rambut dari beragam masalah seperti rambut rontok, bercabang, maupun rambut patah.

5. Hindarkan penggunaan hair dryer

Pada dasarnya, penggunaan hair dryer sangat membantu kita untuk menjadikan rambut lebih cepat kering. Tapinya, pemakaian hair dryer yang terlalu sering akan merusak kecantikan rambut anda, apalagi jika setiap harinya rambut anda sering terpapar cahaya matahari yang menyengat. Oleh karena itu, baiknya anda menggunakan hair dryer seperlunya saja agar terhindar dari masalah rambut lainnya.

6. Menggunakan masker rambut

Untuk memelihara kecantikan rambut, anda juga penting untuk menggunakan masker rambut maupun kondisioner alami. Penggunaan bahan alami tersebut mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut anda, sehingga akan terjamin kecantikan dan kesehatannya. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan madu, minyak kelapa, maupun minyak zaitun.

7. Perbanyak konsumsi air putih

Mengasup air putih sesuai takaran yang tepat tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, tapinya juga untuk kecantikan rambut. Ketika cuaca di luar rumah sedang panas, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengkonsumsi air secukupnya sehingga mampu menggantikan cairan tubuh yang lenyap dan dapat menyehatkan rambut anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button