Minuman sehat sejatinya adalah minuman yang pantas diasup dan tidak memunculkan risiko penyakit dan efek samping. Minuman yang menyehatkan juga tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk tubuh, misalnya zat perasa, pewarna, dan zat tambahan lainnya.

Yang menjadi pertanyaan apakah mengasup minuman sehat punya manfaat penting untuk tubuh? jawabannya adalah iya. Minuman ini tidak hanya dikhususkan untuk menghilangkan dahaga atau menyegarkan tubuh, melainkan untuk menjadikan tubuh lebih sehat.

Saat anda berpikiran tentang minuman apa yang paling menyehatkan tubuh, mungkin sebagian besar dari anda menjawab air putih atau air mineral. Namun sebenarnya, ada beragam jenis minuman lain yang tak kalah bermanfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Dan Nadeau, selaku direktur medis dari Exeter Hospital Health Reach diabetes, Endocrinology and Nutrition Center di Exeter, New Hampshire menuturkan bahwa beragam minuman punya manfaat yang penting untuk kesehatan dan mampu mentahirkan berbagai penyakit ringan seperti gangguan pencernaan sampai menekan risiko osteoporosis. Dibawah ini adalah 8 minuman sehat yang bisa anda jadikan sebagai minuman favorit.

1. Teh Mint

Teh mint merupakan salah satu jenis minuman sehat yang krusial untuk meringankan kram serta menghindari gangguan pencernaan di dalam tubuh. Susan Lark, seorang penulis The Chemistry of Success (Bay Books, 1999) menuturkan bahwa mengasup teh mint secara rutin mampu mengendurkan otot yang berimbas untuk menghindari kekakuan dan juga nyeri. Tak hanya itu, minuman yang satu ini juga mampu memperlancar pencernaan.

2. Teh hijau

Mengasup minuman sehat seperti teh hijau akan mampu membantu tubuh meminimalisir risiko beragam penyakit seperti jantung, kanker, dan osteoporosis. Jenis minuman yang satu ini kaya akan kandungan polifenol, plavonoid, dan antioksidan alami yang mampu melindungi tubuh dari zat pemicu kanker serta menghambat pertumbuhan tumor di dalam tubuh.

3. Susu kedelai

Susu kedelai tak hanya mempunyai rasa yang enak, melainkan mampu meminimalisir risiko penyakit jantung. Didalamnya, minuman sehat yang satu ini mengandung serat larut serta protein yang krusial untuk menurunkan kolesterol jahat serta trigliserida yang mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

susu-kedelai

4. Susu rendah lemak

Faktanya, risiko osteoporosis dapat diminimalisir dengan mengasup susu rendah lemak. Minuman sehat yang satu ini kaya akan protein dan karbohidrat yang sehat dan mampu diserap tubuh secara perlahan sehingga membuat anda kenyang lebih lama. Tak hanya itu, jenis minuman yang satu ini juga krusial untuk menstabilkan gula darah di dalam tubuh.

5. Jus tomat

Jus tomat merupakan minuman segar yang punya segudang manfaat untuk kesehatan. salah satunya adalah mengurangi risiko kanker. Tomat mengandung zat likopene dan antioksidan tinggi, yang ampuh untuk meminimalisir risiko kanker perut, kanker usus, kanker mulut, kanker serviks, paru-paru, kanker pancreas, kanker esophagus, dan kanker payudara.

6. Cokelat panas

Coklat panas tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan mood, melainkan juga untuk menhindari tubuh dari beragam jenis penyakit, salah satunya penyakit jantung. Rendahnya kandungan serotonin di dalam minuman ini berpengaruh terhadap kondisi psikologi seseorang. Cokelat panas juga mengandung antioksidan dan polifenol tinggi, yang bermanfaat untuk membentengi sel-sel tubuh dari kerusakan serta menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

7. Jus Jeruk

Mengasup minuman sehat seperti jus jeruk diklaim mampu menghindari seseorang dari penyakit kanker, katarak, serta mendongkrak sistem imunitas tubuh. Jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang mampu memagari tubuh dari berbagai penyakit seperti kanker paru-paru dan katarak.