yandex
Kesehatan

7 Manfaat Cengkeh Tuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang kaya akan manfaatnya. Berkatnya, bahan alami yang satu ini kerap kali dijadikan sebagai obat tradisional yang mujarab. Tak hanya itu, cengkeh juga banyak dimanfaatkan sebagai obat ataupun produk kecantikan.

Manfaat cengkeh juga sering dimanfaatkan sebagai obat alami yang mujarab untuk mentahirkan masalah sakit gigi, hanya dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit dan berlubang. Tak hanya itu, cengkeh juga punya segudang manfaat lainnya untuk kesehata, seperti mengatasi mual, mengatasi flu, mencegah peradangan, dan memperlancar sistem cerna di dalam tubuh.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, manfaat cengkeh juga sangat krusial untuk kesehatan kulit dan rambut. Yuk simak apa saja khasiat cengkeh untuk kesehatan rambut dan kulit berikut ini.

1. Melenyapkan Jerawat

Bagi anda yang punya masalah dengan masalah jerawat yang membandel dan ingin segera melenyapkannya, anda bisa memanfaatkan cengkeh. Sejatinya, minyak cengkeh memiliki sifat anti mikroba yang ampuh memberantas bakteri pemicu jerawat. Cara penggunaannya sangatlah mudah, anda hanya perlu membalutkan minyak cengkeh pada kulit wajah yang berjerawat. Dengan begitu, bakteri dan kuman penyebab jerawat akan lenyap.

2. Menghilangkan selulit

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah melenyapkan masalah selulit pada kulit. Umumnya, selulit disebabkan oleh merosotnya berat badan secara drastis, yang biasanya dialami oleh kaum ibu pasca melahirkan ataupun mereka yang menjalani diet ketat. Tentunya, kondisi seperti itu sangat mengganggu penampilan anda bukan? Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan minyak cengkeh. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskannya pada bagian kulit yang mengalami selulit.

3. Melenyapkan flek hitam

Flek hitam pada wajah tentunya sangat mengganggu penampilan. Dengan hadirnya flek hitam, maka wajah akan Nampak gelap dan kusam, sehinga menjadikan kita tidak pede. Tapinya, anda tak perlu mencemaskan hal itu, pasalnya masalah pada wajah yang satu ini dapat dilenyapkan dengan menggunakan minyak cengkeh. Anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada kulit anda yang ada flek hitamnya.

4. Menghilangkan ketombe

Manfaat cengkeh juga dapat dimanfaatkan untuk memberantas masalah ketombe pada kulit kepala. Caranya pun sangat mudah dan sederhana, anda hanya perlu membalutkan minyak cengkeh pada kulit kepala dan rambut anda. Diamkan hingga beberapa menit, lalu bilas menggunakan shampo.

5. Mengatasi masalah rambut rontok

Manfaat cengkeh untuk kesehatan rambut lainnya adalah mengatasi masalah rambut rontok. Pada dasarnya, masalah kerontokan rambut ini sangat mencemaskan lantaran bisa mengakibatkan kebotakan. Nah, bagi anda yang mengalami masalah ini dan ingin segera mengatasinya, anda bisa memanfaatkan minyak cengkeh, hanya dengan membalutkannya saja pada kulit kepala dan rambut anda secara merata.

6. Menghilangkan bekas luka pada kulit

Bagi anda yang punya bekas luka pada bagian kulit, dan ingin segera melenyapkannya karena sangat mengganggu penampilan, sebaiknya anda mengandalkan manfaat cengkeh yang mujarab. Dalam penggunaannya, anda hanya perlu membalutkan minyak cengkeh pada bagian luka pada kulit secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Sebagai kondisioner alami

Minyak cengkeh juga dapat dimanfaatkan sebagai kondisioner alami yang akan memberikan nutrisi yang baik untuk rambut. Dengan memanfaatkan cengkeh sebagai penutrisi rambut, anda akan terbebas dari masalah rambut kusam, rambut bercabang, rambut kering, dan masalah lainnya. Tak hanya itu, minyak cengkeh juga ampuh untuk menjadikan rambut lebih hitam dan berkilau.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button