Makanan yang kita asup setiap hari memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan sel-sel yang memicu kanker payudara. Meski sudah melakukan pengobatan kanker, ada kemungkinan sel-sel kanker itu muncul kembali.

Oleh karena itu, bagi anda penderita kanker payudara dianjurkan untuk selalu menjaga dan memperhatikan pola makan yang diasup setiap harinya. Hal ini sangat efektif untuk menghambat serta memberantas sel kanker di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari bagi anda penderita kanker payudara.

1. Buah durian, nangka dan lengkeng

Sejatinya, buah-buahan mengandung sejumlah nutrisi penting yang diperlukan menyehatkan tubuh. Meski demikian, tak semua jenis buah bisa diasup oleh anda penderita kanker payudara. Pantangan buah yang harus dihindari adalah lengkeng, nangka, dan durian. Mengapa demikian?

Di dalamnya, durian mengandung alkohol yang mampu memicu perkembangan sel kanker payudara. Sama halnya dengan buah nangka dan lengkeng. Karena itu, anda perlu menghindari untuk mengasup ketiga jenis buah ini dan beralih mengkonsumsi buah-buahan lain yang tidak mengandung alkohol.

2. Sayuran seperti kangkung, sawi, cabai, dan tauge

Penderita kanker payudara direkomendasikan untuk tidak mengasup jenis sayuran seperti kangkung, tauge, sawi dan cabai. Kangkung dan sawi mampu menurunkan kerja obat-obatan yang dikonsumsi sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal. Sedangkan tauge akan menjadi pemicu perkembangan sel kanker dan cabai akan merangsang aktivitas sadar yang memicu terjadinya penurunan oksigen.

Untuk itu, anda disarankan untuk mengasup jenis-jenis sayuran lainnya yang lebih menyehatkan, seperti brokoli yang kandungan didalamnya mampu menghambat bahkan mematikan perkembangan sel kanker atau mencegah anda dari penyakit kanker yang membahayakan ini.

3. Ikan asin

Ikan asin merupakan makanan yang harus dipantang bagi anda penderita kanker payudara. Pasalnya, jenis makanan yang satu ini mengandung pengawet yang sifatnya hepatotoksik, yakni memicu racun pada organ hati, sehinga memunculkan gangguan di sel dan jaringan yang memungkinkan terjadinya perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Kanker Payudara

4. Daging olahan

Umumnya, daging olahan mengandung pengawet yang diklaim memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Bagi anda penderita kanker payudara, pastikan untuk tidak mengasup daging tanpa olahan sodium nitrat dan sodium nitrit yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di usus.

Tidak hanya itu, bagi anda yang ingin mengasup daging segar, hindarilah bagian lemak dagingnya, entah itu daging sapi, kerbau maupun kambing. Pasalnya, lemak daging tersebut sangat tidak menyehatkan, utamanya sebagai makanan pemicu kanker payudara.

5. Daging unggas

Sejatinya, daging unggas memang tidak semuanya disuntik menggunakan obat-obatan kimia. Namun, kemungkinannya sangat besar, sehingga ada hormon yang sudah menyatu dengan daging unggas tersebut yang dapat memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Tak hanya kanker payudara, suntikan hormon ini juga dapat memicu sel kanker lainnya seperti kanker kelenjar dan kanker prostat.

6. Makanan yang dibakar

Penderita kanker payudara harus menghindari untuk mengasup makanan yang cara pengolahannya dibakar lantaran ada kandungan senyawa kimia yang bersifat karsinogen aktif (zat penyebab kanker). Apabila mengharuskan makanan itu diolah dengan cara dibakar, gunakanlah alumunium foil agar tidak langsung terkena bakarannya. Gunakan api yang tepat dan jangan dibakar terlalu lama.

7. Seafood

Seafood merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh anda penderita kanker payudara. Pasalnya, seafood seperti kepiting, udang, kerang, dan cumi mengandung lemak yang tinggi sehingga memicu mengaktifkan sel-sel kanker di dalam tubuh.