Sejatinya, kecerdasan anak dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Tapinya, ada beberapa faktor eksternal yang juga berpengaruh pada kecerdasan anak, diantaranya seperti makanan yang diasup, stimulasi, maupun aktivitas fisik.

Nah, bagi anda para orang tua yang ingin meningkatkan kecerdasan otak anak-anaknya, sangat dianjurkan untuk memberikan 7 makanan sehat ini, sehingga mampu menutrisi tubuh dengan baik untuk merangsang kecerdasan anak.

1. Ikan Salmon

Salmon merupakan makanan untuk kecerdasan otak anak yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Tak hanya itu, mengasup ikan salmon juga mengandung DHA dan EPA yang krusial untuk meningkatkan fungsi otak anak. Sebuah studi menyebutkan bahwa setiap anak yang mendapatkan asam lemakomega 3 yang cukup mampu memiliki kemampuan berpikir yang tajam.

2. Telur

Telur juga diyakini sebagai sumber protein yang sangat krusial untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Di dalamnya, kuning telur miliki kandungan zat kolin yang tinggi, yang merupakan zat untuk membantu perkembangan memori otak anak. Agar anak tidak bosan mengkonsumsinya, anda bisa memkombinasikan olahannya sesuai dengan selera anak anda.

3. Selai kacang

Untuk meningkatkan kecerdasan anak, setiap orang tua bisa memberikan anak asupan selai kacang. Pasalnya, jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk memproteksi membrane sel saraf. Kandungan vitamin E yang dimiliki selai kacang ini juga mampu membantu sistem saraf dan otak bekerja lebih maksimal.

4. Buah-buahan

Dengan mengasup buah-buahan seperti strawberry, blueberry, cherry, dan juga blackberry, maka anak akan mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan anak. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu melenyapkan radikal bebas. Sejumlah studi juga menyebutkan jika kandungan nutrisi yang dimiliki buah-buahan ini mampu memulihkan daya ingat anak. Tak hanya itu, biji dari buah berry juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat vital untuk kesehatan otak anak.

5. Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu cemilan yang banyak digemari sebagian besar anak-anak. Dengan mengasup jenis makanan yang satu ini, maka tubuh akan mendapat asupan protein, karbohidrat kompleks, serat, mineral, dan vitamin yang baik untuk perkembangan otak anak dan meningkatkan kemampuan berpikirnya. Berdasarkan hasil penelitian, kacang merah merupakan jenis kacang yang paling tinggi kandungan lemak omega-3 apabila dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Kandungan ini sangat penting untuk meningkatkan fungsi dan perkembangan otak anak.

6. Sayuran berwarna

Mengasup sayuran sangat dianjurkan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan buah hati anda. Selain berperan untuk menyehatkan tubuh, mengkonsumsi sayuran berwana, seperti labu, tomat, bayam, wortel, dan ubi jalar juga sangat bermanfaat untuk menyehatkan sel-sel otak berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya.

7. Susu dan Yoghurt

Mengasup makanan yang terbuat dari produk susu, kebutuhan nutrisi protein dan vitamin B dalam tubuh akan terpenuhi. Kandungan nutrisi yang dimiliki jenis makanan yang satu ini sangat krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Mengasup susu dan produk olahan lainnya, seperti yoghurt akan menjadi sumber energi yang penting untuk otak anak anda.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak membutuhkan asupan asupan vitamin D sebanyak 10 kali dari yang direkomendasikan. Vitamin ini sangat krusial untuk meningkatkan fungsi otot serta saraf otak manusia secara keseluruhan.