yandex
Gaya HidupKesehatan

7 Makanan Berkalsium Tinggi Tuk Tingkatkan Kesehatan Tulang

Tentunya setiap orang menginginkan agar tulangnya menjadi lebih kuat dan tetap sehat seiring dengan semakin meningkatnya usia. Untuk mencapai harapan tersebut, harus terpenuhi nutrisi kalsium dan vitamin D salah satunya dengan mengasup makanan sehat untuk tulang.

Sejatinya, dengan terpenuhinya kalsium di dalam tubuh, maka akan mendukung kekuatan tulang dan struktur gigi. Sementara untuk vitamin D sendiri berperan untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang maksimal dan juga menunjang pertumbuhan tulang.

Masing-masing nutrisi ini sangatlah krusial dalam menyehatkan tulang, sehingga sangat dianjurkan bagi anda untuk mengasup makanan tinggi kalsium dan vitamin D setiap harinya. Apalagi untuk wanita yang lebih rentan mengidap penyakit osteoporosis.

Faktanya, wanita dewasa hingga usia 50 tahun harus mendapatkan asupan kalsium sebanyak 1.000 mg per harinya, sedangkan asupan vitamin D mencapai 200 mg. Sementara untuk usia 50 tahun ke atas harus mendapatkan asupan kalsium dan vitamin D masing-masingnya 400 mg dan 600 mg setiap harinya.

Lalu apa saja makanan untuk kesehatan tulang yang bisa diasup setiap harinya? Nah, dibawah ini akan dibahas terkait 7 makanan sehat yang ampuh menyehatkan tulang dan menguatkannya. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Susu

Susu merupakan jenis minuman yang mampu mencukupi kebutuhan kalsium harian anda, sehingga sangat krusial untuk kesehatan tulang. Nah, bagi anda yang ingin menjaga berat badan, sebaiknya konsumsi susu yang bebas lemak, tapinya mengandung vitamin D yang memberikan segudang manfaat untuk tubuh. Dalam hal ini, anda bisa mengasup makanan olahan susu ataupun meminum susu tiga gelas setiap harinya.

2. Yoghurt

Makanan untuk tulang yang kedua adalah yoghurt. Makanan olahan susu yang satu ini selain mampu menyehatkan pencernaan, tapinya juga mampu menjaga kesehatan tulang. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, sebaiknya anda mengasup satu cangkir yoghurt yang rendah lemak dan kaya akan kandungan vitamin D.

3. Keju

Dengan mengasup keju sebanyak 1 ons, maka tubuh anda akan mendapatkan asupan kalsium sebanyak 200 ml. Dalam hal ini, anda bisa memilih keju yang pengolahannya di proses dengan kandungan enzim yang dua kali lebih banyak dibadingkan dengan kandungan asamnya.

4. Ikan laut

Untuk meningkatkan kesehatan tulang, anda juga bisa mengasup ikan laut. Pasalnya, jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan vitamin D dan kalsiumnya. Jenis ikan laut seperti sarden, salmon dan tuna tidak hanya mengandung asam omega-3 yang tinggi, tapinya juga menjadi sumber vitamin D terbaik untuk tubuh. Dengan mengasup 3 ons ikan tuna, maka tubuh akan mendapatkan 154 IU.

5. Telur

Telur juga menjadi salah satu makanan terbaik yang bisa diasup untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat. Kendati hanya mengandung 6% vitamin D, tapinya jenis makanan yang satu ini merupakan cara paling mudah dan cepat untuk memperoleh asupan vitamin D.

6. Bayam

Untuk anda yang tidak suka dengan susu dan jenis makanan olahan lainnya, anda bisa menggantinya dengan mengasup sayur bayam untuk memenuhi asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengasup satu cangkir bayam, maka tubuh akan mendapatkan 25% kalsium. Di dalamnya, bayam juga miliki kandungan zat besi, serat, serta vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan.

7. Sereal

Jenis makanan sehat lainnya yang mampu meningkatkan kesehatan tulang adalah sereal. Pasalnya, sereal juga miliki kandungan vitamin D yang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan tubuh anda. Anda bisa mengasup makanan di pagi hari sebagai menu sarapan anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button