yandex
Gaya HidupKesehatan

7 Kerutinan yang Bisa Mengusik Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ paling terpenting di tubuh. Berbagai faktor risiko bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal, tapinya andai tekanan darah tinggi atau diabetes yang tidak terkontrol. Namun, tanpa disadari, kebiasaan buruk sehari-hari juga dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Berikut 7 kebiasaan yang bisa mengusik kesehatan ginjal seperti diberitakan dari Boldsky.

1. Kurang minum

Kadang-kadang seseorang lalai untuk cukup meminum “air putih”, yaitu 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas. Kebiasaan jelek ini bisa memicu dehidrasi dan mengganggu kesehatan ginjal secara perlahan.

2. Menahan pipis

Jangan sering menahan buang air kecil kendatipun sedang berpergian atau terlalu sibuk. Kebiasaan menahan pipis terlalu lama bisa menyebabkan akumulasi bakteri dalam ginjal, kemudian menjadi infeksi yang merusak ginjal.

3. Kelebihan protein

Tapinya kebanyakan mengonsumsi makanan tinggi protein atau ditambah suplemen protein diperkirakan dapat menaikkan risiko batu ginjal.

4. Kelebihan garam

Kebanyakan mengonsumsi garam atau makanan asin juga bakalan bikin ginjal bekerja lebih keras untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam darah Anda, dalam jangka panjang pada akhirnya dapat menyebabkan kegagalan organ.

5. Minum obat penghilang rasa sakit

Sering minum obat penghilang rasa sakit secara rutin diperkirakan dapat membatasi aliran darah ke ginjal sehingga menyebabkan kerusakan ginjal secara perlahan. Tapinya konsultasikan pada dokter apakah perlu selalu minum obat penghilang rasa sakit.

6. Minum alkohol

Kebanyakan minum alkohol bisa memicu pengendapan asam urat yang pada akhirnya bisa memengaruhi fungsi ginjal. Tapinya minum alkohol juga bagian dari gaya hidup tidak sehat yang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit lain.

7. Mengabaikan Infeksi

Jangan membodoamatkan infeksi pada tubuh mulai dari infeksi virus flu, tonsilitis, infeksi pada perut, dan sebagainya. Sering mengalami infeksi diduga dapat mempengaruhi fungsi ginjal karena mikroorganisme akan melewati ginjal untuk dihilangkan dari tubuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button