Buah-buahan dapat dijadikan sebagai menu makanan bayi 6 bulan yang kaya akan kandungan nutrisinya, sehingga sangat krusial untuk meningkatkan kesehatan. Di usia 6 bulan, setiap orang tua wajib memperkenalkan buah hatinya akan makanan pendamping ASI. Buah-buahan yang tinggi akan kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan guna menunjang pertumbuhan dan perkembangkan bayi anda.

Tapinya, karena sistem pencernaan yang dimiliki buah hati anda belum berfungsi secara optimal, maka tidak semua jenis buah diperbolehkan untuk bayi. Dalam penyajian menu mpasi 6 bulan, anda pun harus benar-benar memperhatikan kebersihan dan teksturnya, sehingga akan benar-benar bermanfaat bagi bayi anda. Nah, dibawah ini akan dibahas terkait menu makanan bayi usia 6 bulan yang bisa anda berikan untuk buah hati anda. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pisang

Pisang dijadikan sebagai makanan bayi 6 bulan yang kaya akan kandungan nutrisinya. Jenis buah yang satu ini miliki tekstur yang begitu lembut, sehingga dengan mudah dicernai di dalam tubuh buah hati anda. Di dalamnya, pisang mengandung beragam nutrisi penting, seperti vitamin C, asam folat, omega 3, vitamin B, zat besi, kalium, dan lain sebagainya.

2. Pepaya

Pepaya sudah sejak lama dikenal sebagai buah untuk bayi usia 6 bulan yang juga miliki tekstur lembut, sehingga sangat cocok dengan sistem cerna yang dimiliki buah hati anda. Di dalamnya, buah bernama latin Carica Papaya ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, beta karoten, serat, vitamin B, omega 3, dan juga antioksidan. Tak hanya itu, pepaya juga sangat krusial untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Mengasup satu buah jeruk, maka tubuh akan mendapatkan asupan vitamin C sebanyak 75%. Tak hanya itu, jeruk juga miliki nutrisi lainnya seperti omega 3, antioksidan, dan vitamin B yang mampu mendongkrak sistem imun tubuh dan menghalau radikal bebas.

4. Alpukat

Alpukat juga sangat cocok dijadikan sebagai menu pendamping ASI untuk bayi 6 bulan yang miliki tekstur lembut dan rasa yang nikmat. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan asam lemak yang sangat vital untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati ini. Alpukat juga mengandung nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti fosfor, vitamin A, vitamin C, protein, kalsium, zat besi, vitamin B, serta karbohidrat.

5. Mangga

Mangga mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang lembut, sehingga akan disukai oleh buah hati anda dimasa pertumbuhannya. Di dalamnya, jenis buah yang bernama latin Magnifera indica ini kaya akan kandungan kalori, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B, dan vitamin E.

6. Kiwi

Buah kiwi, memang merupakan buah yang miliki sejuta khasiat untuk kesehatan. Jenis buah yang satu ini sangat krusial diberikan kepada buah hati anda lantaran kaya akan kandungan vitamin C. Mengasup satu buah kiwi, maka tubuh akan mendapatkan asupan vitamin c sebanyak 155%. Apabila rasanya sedikit asam, anda bisa menambahkannya dengan sedikit gula ataupun madu.

7. Apel

Tidak hanya kaya akan manfaat, apel juga kaya akan kandungan nutrisi yang sangat krusial untuk tumbuh dan kembang buah hati anda. Di dalamnya, apel mengandung beragam nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin K, polifenol, fosfor, asam lemak omega 3, vitamin C, antioksidan, kalium, serta kalsium. Jenis buah yang satu ini bermanfaat untuk menyehatkan jantung, menangkal penyakit, serta mendongkrak sistem imum tubuh.