Berpelukan enggak hanya pada saat suasana romantis saja yang dilakukan sepasang kekasih. Tapinya berpelukan bisa dilakukan bersama orang-orang tersayang dan terjadi dalam berbagai kondisi.

Seumpamanya, seorang ibu memeluk sang buah hatinya yang terbangun dari “mimpi buruk”. Sang anak pun kemudian akan merasa lebih tenang. Atau seorang ayah memeluk anaknya yang memiliki hasil ujian baik.

Tapinya setiap pelukan tersebut ternyata ada maksanya bagi kesehatan. Malahan sebuah studi membuktikan, kita semua membutuhkan 4 pelukan dalam sehari untuk bertahan hidup, 8 pelukan dalam sehari untuk menjaga kesehatan, dan 12 pelukan dalam sehari untuk membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan.

Berikut 7 kegunaan dari berpelukan sebagaimana yang telah diberitakan dari Boldsky.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berpelukan terbukti bisa mengurangi depresi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, Anda tak mudah terserang penyakit. Tapinya tak hanya itu, berpelukan juga dapat mengurangi rasa sakit, memberikan energi bagi pasien kanker, hingga membantu bayi lahir prematur untuk bertahan hidup.

2. Membuka komunikasi

Sebuah pelukan dapat membuat seseorang lebih terbuka dalam berkomunikasi karena merasa terjaga. Tapinya pelukan memudahkan seseorang untuk membagi cerita yang telah mengganggu pikirannya.

3. Memperbaiki suasana hati

Berpelukan dapat membuat hati terasa nyaman. Disaat merasa lebih baik, ada zat kimia yang dilepaskan di otak bernama “oksitosin”. Anda akan merasa lebih aman, dicintai dan dipercaya. Berpelukan juga meningkatkan produksi hormon serotonin yang membuat seseorang merasa bahagia.

4. Membangun harga diri

Memeluk bisa membentuk kepedean seseorang. Contohnya adalah dengan memeluk anak. Anak akan merasa dicintai dan mendapat perhatian. Hal ini bisa membangun harga diri anak dan membantu mereka untuk tumbuh dengan baik.

5. Menurunkan tekanan darah

Berpelukan bisa menjadi penawar untuk orangtua Anda. Dengan memeluk, dapat menjaga tekanan darah lebih terkontrol. Sebuah sentuhan akan mengirimkan sinyal ke saraf Vagus yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Meningkatkan kesabaran

Banyak orang telalu sibuk sehingga tak bisa meluangkan waktunya untuk menunggu atau mendengarkan orang lain. Tapinya cukup dengan berpelukan, Anda bisa meningkatkan kesabaran seseorang. Secara tidak langsung membantu seseorang lebih sabar ketika menghadapi masalahnya.

7. Menjaga kesehatan jantung

Studi mengungkapkan, sebuah pelukan yang tulus dapat menjaga “jantung” berdenyut normal. Tapinya berpelukan juga dapat menjaga kesehatan jantung. Ini menjadi salah satu alasan yang paling penting mengapa berpelukan dibutuhkan.