yandex
Kesehatan

7 Buah Terbaik Tuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ terpenting yang sangat krusial untuk dijaga kesehatannya. Sebenarnya, perawatan kesehatan mata ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan mudah, salah satunya adalah dengan menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan yang diasup setiap harinya.

Menurut spesialis mata dari Ciputra SMG Eye Clinic, Dr. Utami Noor Sya’baniyah SpM, mengasup makanan bergizi yang kurang memadai dapat memicu gangguan mata, utamanya adalah rabun jauh. Untuk itu, anda dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan mata anda sebelum gangguan yang tidak diinginkan meliputi anda. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengasup beberapa jenis buah dibawah ini yang diyakini akan menghindarkan anda dari gangguan pada mata.

1. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu vitamin untuk mata yang kaya akan kandungan beta karoten. Beta karoten yang dimiliki buah ini sangat krusial untuk menjaga kesehatan mata agar tetap jernih dan indah. Bahkan, blueberry kerap dimanfaatkan sebagai treatment untuk beberapa gangguan mata seperti glaucoma, miopi, katarak, retinopati, dan rabun senja.

2. Tomat

Tomat dikenal sebagai salah satu jenis buah yang sangat baik untuk kesehatan mata berkat kandungan vitamin A yang tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa memanfaatkannya dengan mengasupnya secara langsung atau diolah dulu menjadi jus yang dicampurkan dengan pisang maupun jenis buah segar lainnya.

3. Mangga

Mangga merupakan salah satu makanan sehat untuk mata yang bisa diasup untuk menjaga kesehatan mata anda. Selain punya rasa yang menyegarkan, manga mengandung nutrisi penting yang diperlukan untuk menyehatkan mata, seperti vitamin A, C, B1, dan E.

4. Alpukat

Bagi anda yang gemar mengasup buah alpukat, hal ini sangat penting untuk anda lanjutkan, khususnya demi menunjang kesehatan mata anda. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan lutein yang berfungsi untuk mencegah terjadinya katarak dan degenerasi makula. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung vitamin A, B6, C, dan E yang krusial untuk menjaga mata anda agar tetap sehat.

5. Markisa

Dibalik rasanya yang terkadang kecut, namun faktanya markisa mempunyai sejuta manfaat untuk kesehatan mata. Didalamnya, markisa mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan mengasup markisa, maka akan menetralisir benda-benda asing atau racun yang membahayakan tubuh. Dengan demikian, mata anda akan terhindar dari beragam penyakit berbahaya.

6. Pisang

Untuk mendapatkan mata yang sehat, biasakan untuk mengasup pisang secara rutin karena buah yang satu ini mengandung serat, vitamin A, C, dan B1 yang mampu mendongkrak kesehatan mata anda. anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi smoothie.

7. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu jenis buah yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, buah hijau yang satu ini juga krusial untuk kesehatan mata. Didalamnya, kiwi kaya akan kandungan vitamin C dan A yang akan menjadikan mata anda tetap terjaga kesehatannya.

Sejatinya, menjaga kesehatan mata dari dalam, seperti mengasup makanan sehat mampu mendongkrak perawatannya dengan lebih optimal. Akan tetapi, rutinitas setiap hari yang dilakukan juga dapat memicu munculnya gangguan pada mata anda. Misalnya, bagi anda yang setiap harinya harus berhadapan langsung dengan layar komputer atau laptop, mata anda akan rentan mengalami kelelahan dan juga kering.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button