yandex
Gaya Hidup

6 Tips Untuk Hindarkan Mabuk Perjalanan

Jalan-jalan menggunakan media transportasi darat, udara, maupun laut pastinya akan sangat menyenangkan. Tapinya hal tersebut tak berlaku untuk sebagian besar orang yang kerap mengalami mabuk perjalanan.

Biasanya, saat mengalami mabuk di perjalanan, seseorang akan merintihkan mual pada perutnya, kelapa pusing, badan lemas, wajah pucat, dan keluar keringat dingin. Kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu sebagian besar orang yang akan bepergian jauh.

Bahkan tak jarang mereka yang mengalami mabuk perjalanan merasakan segan untuk melakukan perjalanan yang jauh lantaran sudah ada rasa takut mabuk di tengah perjalanan. Oleh karena itulah, Anda perlu meluputkan hal tersebut supaya perjalanan anda tetap nyaman dan terbebas dari mabuk di perjalanan. Dibawah ini adalah beberapa cara mengatasi mabuk di perjalanan yang perlu anda ketahui.

1. Tidur di dalam mobil

Untuk mengatasi mabuk perjalanan, salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan mencoba tidur. Apabila anda merasa sulit tidur di dalam kendaraan, anda bisa mengasup obat tidur supaya dapat beristirahat di dalam kendaraan. Tapinya, sebelum mengkonsumsi obat, pastikan anda tidak memgang setir selama di perjalanan.

2. Ciptakan sirkulasi udara yang baik

Salah satu hal yang memicu seseorang mengalami mabuk perjalanan ialah kurangnya oksigen. Untuk meluputkan hal tersebut, ada baiknya anda membuka kaca jendela agar ada sirkulasi udara yang lebih baik. Dengan cara tersebut, maka suplai oksigen di dalam kendaraan akan terjaga dengan baik dan anda tidak akan kekurangan oksigen. Tak hanya itu, hal itu juga dapat memberikan kenyamanan bagi tubuh anda.

3. Konsumsi obat anti mabuk

Untuk menghindari mabuk perjalanan, anda bisa mengasup obat mabuk sebelum bepergian jauh. Anda dapat menemukan obat ini di sejumlah toko-toko obat. Tapinya, sebelum mengkonsumsi obat tersebut, sebaiknya anda membaca dulu aturan penggunaannya guna memastikan apakah obat itu dapat menimbulkan rasa ngantuk atau tidak.

4. Menghindari pandangan ke bawah

Ketika berada di dalam mobil, pastikan untuk hindarkan beragam kegiatan yang membuat kepala anda menunduk dan mengarahkan pandangan ke bawah, seperti bermain handphone, membaca buku, dan lain sebagainya. Pasalnya, kondisi ini akan menjadikan anda merasa mual. Tak hanya itu, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan rasa pusing dan mudah kelalahan.

Apabila anda ingin meluputkan rasa bosan ketika berada di perjalanan, anda bisa mendengarkan musik atau bermain dengan penumpang lainnya. Hindarkan pula fokus objek yang ada di dalam kendaraan. Upayakan agar fokus penglihatan anda ke luar kendaraan guna mencegah mabuk perjalanan. Karena kebanyakan kasus membuktikan bahwa aktivitas seperti mengoperasikan gadget ataupun membaca buku bisa memicu mabuk di perjalanan.

5. Ngemil

Sebelum melakukan perjalanan yang jauh, pastikan anda membawa camilan berbahan dasar tepung tapi rasanya hambar. Mengasup cemilan saat diperjalanan, mampu mencegah anda dari mabuk perjalanan. Camilan berbahan dasar tepung ini akan membantu anda mencegah lapar dan terhindar dari masalah pencernaan yang tentunya akan sangat mengganggu perjalanan anda.

6. Tidak mengasup makanan berlebih

Apabila anda sudah merencanakan pergi berlibur menggunakan kendaraan mobil, sangat penting bagi anda untuk mengasup makanan yang kaya akan nutrisinya. Hal ini sangat krusial untuk anda agar terhindar dari kelelahan. Meski demikian, upayakan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan atau dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, upayakan juga agar anda tidak mengasup makanan yang kandungan lemaknya tinggi serta makanan yang pedas. Pasalnya, kedua jenis makanan tersebut dapat memicu timbulnya rasa mual bahkan muntah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button