Wisata Kota Solo
Wisata Kota Solo
87 / 100 SEO Score

Tempat wisata di kota Solo yang populer bahwa bisa menjadi rujukan anda untuk menghabiskan liburan. Demikian pula seperti di Yogyakarta, Solo juga merupakan tujuan wisata yang tidak kalah menakjubkan.

Di sisi kota Solo, sangat terasa hawa sejarah dan budayanya. Memang, kota Solo termasuk dalam wilayah Kerajaan Mataram yang pernah menjadi pusat pemerintahan. Maka tak heran bahwa tempat-tempat wisata kota Solo sangat sarat dengan latar belakang sejarah yang kuat.

Ada beberapa objek wisata di kota Solo, anda bisa mengunjungi dengan keluarga dan teman-teman. Tidak perlu khawatir dengan jarak dan biaya untuk tinggal di kota Solo. Jarak dan biaya liburan di kota Solo sangat terjangkau.

Kanonbet Is The Best Provider From All Gambling Platform

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan di kota Solo, ada beberapa rekomendasi wisata kota yang bisa dikunjungi. Serba ekonomis, berikut duakali.net telah merangkum dari berbagai sumber tempat wisata di kota Solo, Kamis (31/10/2019).

Keraton Surakarta Hadiningrat

wisata kota solo
Keraton Kasunan Solo

Tempat wisata di kota Solo yang wajib dikunjungi adalah Kesultanan Keraton Surakarta. Obyek wisata ini sangat populer dan terkenal di kalangan wisatawan lokal dan asing.

Tempat wisata ini merupakan saksi sejarah bangsa dari zaman kuno hingga saat ini. Gedung ini dibangun oleh Yang Mulia Pakubawana II pada tahun 1744 untuk menggantikan istana atau istana Kartasura yang telah dirusak oleh Geger Pecinan pada 1743.

Bangunan ini masih digunakan sebagai tempat tinggal dari Sri Sunan serta tempat-tempat wisata. Memang, Keraton memiliki berbagai bangunan yang kompleks. Kompleks istana dibagi ke dalam kotak Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lord an Kidul, Kemandungan Lord an Kidul, Sri Manganti Lord an Kidul, Kedaton, serta Kamagangan yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Dalam salah satu bagian digunakan sebagai museum. Museum ini berisi koleksi benda-benda kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa dan juga replika dari keratin Heirloom atau replika pusaka keratin, kereta kencana dan gamelan.

Taman Sriwedari

Wisata Kota Solo
Taman Sriwedari Kota Solo

Tempat wisata di kota Solo yang populer dan penuh peninggalan berikutnya adalah Taman Sriwedari. Tempat wisata ini adalah pemandangan yang kompleks yang sudah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X.

Selain digunakan sebagai lokasi untuk mengadakan hiburan rutin malam yang biasa disebut Malam Selikuran. Taman Sri Wedari juga telah digunakan sebagai pusat hiburan, seni, dan budaya masyarakat Solo dan sekitarnya.

Hal ini karena bangunan Wayang Orang Sriwedari (GWO) adalah sebuah tempat pertunjukan wayang orang. Di dinding di atas kanan dan kiri bangunan ada sebuah lukisan besar yang menceritakan eopos Mahabharata berjudul “Kresno Duto”.

Museum Manusia Purba Sangiran

Wisata Kota Solo
Welcome Monument Museum Sangiran Solo

tempat wisata di Solo berikutnya adalah Sangiran Museum of Ancient Man atau Museum Manusia Purba Sangiran. Situs ini tepatnya terletak di kota Solo. Objek wisata sejarah-edukasi arkeologi ini telah dimasukkan ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Museum seluas 56 hektar tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata bagi turis, tetapi juga berfungsi sebagai pusat penelitian oleh para arkeolog dari tanah air dan luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia di zaman prasejarah. Memang, museum ini memiliki banyak koleksi mulai dari fosil manusia purba sampai fosil binatang purba yang cukup beragam.

Kampung Batik Kauman

Wisata Kota Solo
Kampung Batik Kauman Solo

Tempat wisata di kota Solo yang lain tidak ketinggalan adalah Kampung Batik Kauman. Di sini, Anda bisa membeli berbagai macam corak batik Solo yang dijual dengan beraneka ragam, pola dan motif.

Selain membeli, Anda juga dapat melihat proses kain batik secara langsung. Tata letak desa batik tidak jauh dari Keraton Surakarta. Umumnya, produksi pengrajin batik di sini adalah dalam bentuk batik tulis, batik cap atau batik motif dikombinasikan dengan warna modern dan gelap.

Kualitas batik yang diproduksi di desa ini tak perlu diragukan lagi. Terbukti baik kualitasnya, karena batik-batik ini telah dikenal hingga ke luar negeri.

Pasar Triwindu Solo

Wisata Kota Solo
Pasar Triwindu Solo

Bagi Anda pecinta berbagai barang antik, mengunjungi Pasar Triwindu Solo adalah jawaban yang tepat. Di pasar ini Anda akan menemukan berbagai macam koleksi barang antik warisan dengan nilai seni tinggi. Mulai dari kain batik kuno, lukisan, uang dan koin kuno, ornamen wayang, suku cadang otomotif langka, dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin memiliki salah satu dari barang-barang antik ini, perlu hati-hati dan jeli dalam pilihan Anda. Selain membayar dengan uang tunai, Anda juga dapat menebus barang-barang antik alias Anda melakukan barter.

Tugu Lilin

Wisata Kota Solo
Tugu Lilin Kota Solo

Jika Anda hanya ingin menghabiskan waktu untuk bersantai di sudut kota Solo, Wax monumen atau Tugu Lilin menjadi pilihan yang tepat. Suasana di sekitar mata yang sejuk dan menyegarkan akan membuat orang yang mengunjungi akan terasa senang.

Selain menikmati daerah sekitar taman dengan nuansa menyegarkan, di sini Anda juga bisa belajar sejarah manfaat mengingat perjuangan kuno. Selain rekreasi, Tugu Lilin juga cocok sebagai sarana untuk berswafoto. Sambil bersantai, Anda dapat menikmati makanan atau makanan ringan yang dijual di sekitaran.

Baca Juga: Makar, Para Pemimpin Catalunya Divonis Penjara