Penderita hipertensi patut berhati-hati karena sudah banyak pengidap komplikasi yang diakibatkan oleh darah tinggi atau hipertensi. Bagi anda yang gemar mengasup makanan berlemak, sebaiknya lebih rutin melakukan cek darah lantaran makanan berlemak berpotensi tinggi meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi yang tidak segera diobati, akan sangat membahayakan dalam jangka panjang. Pasalnya, beragam penyakit berbahaya lainnya sudah tersebukti menyerang penderita hipertensi. Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk tidak menyepelekan penyakit hipertensi apabila anda tidak ingin mengidap penyakit yang sulit disembuhkan.

Bagi anda penderita hipertensi yang usianya diatas 30 tahun, sebaiknya rajin memeriksakan kadar darah anda. Sebab, pada usia tersebut, sangat sensitif mengidap hipertensi. Pertolongan pertama ketika tekanan darah sedang tinggi adalah mengasup obat darah tinggi yang dianjurkan dokter. Namun ada juga sebagian besar dari mereka yang lebih mengandalkan obat herbal darah tinggi dibandingkan dengan obat-obatan berbahan dasar kimia.

Penderita hipertensi juga sangat dianjurkan untuk rutin berolahraga dan mengasup santapan sehat yang dianjurkan untuk mengurangi tekanan darang tinggi. Dibawah ini adalah beragam jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita hipertensi yang sangat penting untuk diketahui.

1. Bayam

Bayam merupakan makanan sehat yang sangat baik diasup oleh penderita diabetes. Jenis sayuran hijau yang satu ini menyimpan senyawa magnesium yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, mengasup bayam juga mampu mendongkrak sistem kekebalan tubuh berkat kandungan folat yang dimilikinya.

2. Coklat

Makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita hipertensi adalah coklat. Yang perlu diingat adalah anda tidak dianjurkan untuk mengasup coklat manis yang banyak dijual di pasaran lantaran jenis coklat ini kurang bagus untuk kesehatan. Coklat yang baik adalah coklat pekat yang tidak dicampurkan pewarna ataupun pemanis buatan. Coklat hitam jenis ini mengandung senyawa flavonoid yang berperan dalam meningkatkan kekuatan otot pembuluh darah dan memperlancar darah di dalam tubuh.

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi. Mengasup pisang diyakini mampu menurunkan tekanan darah anda lantaran kaya akan kandungan antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

makanan sehat untuk penderita hipertensi

4. Kuaci

Bagi anda penderita hipertensi, kuaci merupakan camilan sehat yang berperan menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi lantaran kuaci mengandung senyawa pitosterol dan magnesium yang tinggi. Yang perlu diingat adalah tidak mengasup kuaci yang dicampur garam, karena hal itu justru akan semakin memperparah penyakit hipertensi anda.

5. Mengkudu

Buah mengkudu dikenal sebagai salah satu jenis buah yang tidak enak dan aromanya bau. Tak heran jika banyak orang yang tidak menyukainya. Meski demikian, di balik rasanya yang tidak enak, mengkudu ampuh untuk menurunkan tekanan darah anda. Meski rasanya tidak enak, namun jenis buah yang satu ini menyimpan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan tubuh. Kandungan antioksidan dan selenium yang terkandung di dalamnya juga sudah terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Apabila anda tidak suka mengkonsumsinya secara langsung, mengkudu bisa anda jadikan dalam bentuk jus.

6. Kacang-kacangan

Makanan sehat lainnya yang dianjurkan diasup bagi penderita diabetes adalah kacang-kacangan. Berdasarkan sejumlah penelitian, beragam jenis kacang-kacangan mengandung senyawa potassium dan magnesium yang tinggi yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi anda. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dianjurkan adalah kedelai, kacang merah, kacang tanah, dan juga almond.