yandex
Kesehatan

6 Makanan Sehat Tuk Penderita Jantung Koroner

Jantung koroner, kini menjadi salah satu penyebab terbesar kematian yang tengah marak terjadi di Indonesia. Pada dasarnya, penyebab jantung koroner adalah jarang berolahraga, mengasup makanan yang tidak sehat, jam kerja yang terlalu padat, stres, dan beragam faktor lainnya.

Serangan jantung koroner bisa terjadi secara bersamaan dengan tingginya tingkat kolesterol serta tekanan darah di dalam tubuh. Tidak hanya dianjurkan untuk mengasup obat jantung koroner, penderita juga disarankan untuk mengasup makanan sehat untuk jantung yang berperan penting untuk mendongkrak kesehatan jantung. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk mencegah serangan jantung koroner yang biasanya terjadi secara mendadak.

1. Oatmeal

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang diasup setiap harinya. Oatmeal merupakan makanan sehat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Mengasup oatmeal mampu membantu tubuh anda menambah energi serta menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Bagi anda penderita jantung koroner, dianjurkan untuk mengasup oatmeal sebagai menu sarapan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara mengolahnya menjadi roti maupun kue guna menyerap nutrisi penting yang terkandung didalamnya.

2. Sayuran Hijau

Salah satu makanan sehat untuk jantung koroner lainnya adalah sayuran hijau. Mengasup sayuran hijau, seperti selada, bayam, sawi dan lainnya sangat krusial untuk mendongkrak kesehatan jantung anda dan juga baik untuk mencegah penyakit kanker. Pasalnya, sayuran hijau mengandung kalori yang rendah, namun kaya akan kalsium, potassium, serta magnesium yang mampu memaksimalkan kinerja jantung di dalam tubuh.

3. Tomat dan apel

Tomat dan apel merupakan buah sehat yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan jantung. Keduanya mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk anda penderita jantung koroner. Hanya dengan mengasup tomat dan apel setiap harinya, jantung anda akan terasa lebih sehat. Apabila anda tidak suka dengan tomat mentah, anda juga bisa mencampurkannya ke dalam olahan makanan yang biasa anda konsumsi setiap harinya.

4. Minyak zaitun dan almond

Bagi anda penderita jantung koroner, disarankan juga untuk mengasup almond dan minyak zaitun. Anda bisa mencampurkan minyak ini ke dalam menu makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Minyak yang kaya akan kandungan antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan jantung anda. Sedangkan almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan zat besi, zink dan magnesium yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah bahkan bisa menjadi obat jantung koroner secara alami.

5. Protein nabati

Mengasup protein nabati juga sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan jantung. Nutrisi ini dapat anda temukan dari olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, kecap, maupun oncom. Sejatinya, kacang kedelai mengandung nutrsi yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan daging merah. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka akan membantu menurunkan kolesterol serta menghalau lemak berlebih yang dapat membahayakan kesehatan jantung anda.

6. Biji-bijian

Tidak hanya oatmeal dan sayuran hijau, makanan sehat untuk penderita jantung koroner lainnya adalah biji-bijian. Selain mampu menjaga kesehatan jantung, biji-bijian juga mampu meningkatkan energi anda. Mengasup biji-bijian juga sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan di dalam darah. Pasalnya, jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan serat alami, zat besi, vitamin E, antioksidan, dan magnesium. Anda bisa mengkonsumsi jenis biji-bijian seperti kacang hijau, biji wijen, kuaci, dan lain sebagainya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button