yandex
Kesehatan

6 Makanan Ini Ampuh Tuk Sukseskan Diet Sehat Anda

Mengasup makanan sehat dan diet yang seimbang merupakan faktor yang krusial untuk menjaga kesehatan dan menjadikan tubuh proporsional. Mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang sesuai dengan kegiatan anda setiap harinya merupakan salah satu cara diet sehat dan cepat .

Apabila anda mengasup makanan secara berlebih, maka berat badan anda akan meningkat. Sebaliknya, bila makan terlalu sedikit, tubuh energi dalam tubuh anda akan berkurang. Yang perlu anda ketahui, setiap harinya pria memerlukan 2.500 kalori sedangkan wanita membutuhkan 2.000 kalori.

Bagi anda yang ingin menerapkan diet sehat untuk mendapatkan tubuh yang proporsional, berikut ini adalah beragam jenis makanan yang bisa diasup untuk mensukseskan diet anda. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Makanan bertepung

Mengasup makanan bertepung seperti nasi, kentang, roti, dan sereal harus berjumlah 1/3 dari jumlah makanan yang anda konsumsi. Upayakan untuk memilih makanan diet bertepung yang kandungan gulanya rendah, yakni nasi merah, pasta dari gandum, dan kentang tanpa di kupas.

Makanan seperti ini akan menjadikan anda merasa kenyang lebih lama, sehingga memperminim kemungkinan anda untuk mengasup cemilan. Dengan demikian, jenis makanan seperti ini bisa anda masukan dalam daftar menu diet sehat anda setiap harinya.

2. Buah dan sayuran

Agar program diet sehat anda sukses, upayakan untuk mengasup lima porsi jenis sayur dan buah setiap harinya. Usahakan agar porsi sayuran yang anda konsumsi memenuhi 1/3 piring setiap harinya. Satu buah apel atau pisang juga bisa dihitung sebagai satu porsi. Apabila dalam 3 kali makan anda mengasup sayur, maka sudah 3 porsi yang dikonsumsi. Anda hanya perlu menambahkan 1 mangkuk sayur dan buah atau segelas jus.

3. Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, dan dikenal sebagai sumber protein yang baik. Mengasup dua porsi ikan setiap minggunya akan membantu mensukseskan diet sehat anda. Gunakan ikan segar yang mengandung Omega-3 yang tinggi, lantaran mampu mencegah anda mengidap penyakit jantung. Beragam jenis ikan yang dimaksud ini seperti bandeng, makarel, sarden, bandeng, tuna, dan salmon.

4. Mengurangi makanan berlemak jenuh

Untuk mendukung diet sehat anda, kurangilah untuk mengasup makanan berlemak jenuh. Sejatinya, memang tubuh kita membutuhkan lemak, namun ada baiknya kita menghitung jumlah lemak yang dikonsumsi setiap harinya. Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak akan memicu anda terjangkit penyakit jantung.

Kandungan lemak jenuh dapat kita jumpai pada makanan seperti kue, sosis, mentega, keripik kentang, keju, biskuit, krim, dan pai. Cobalah untuk tidak berlebihan mengkonsumsi makanan tersebut dan pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat dan minyak ikan.

5. Mengurangi makanan dan minuman manis

Tanpa disadari, makanan dan minuman manis faktanya mampu membuat tubuh anda gemuk. Tidak hanya itu, terlalu banyak mengasup makanan dan minuman manis juga akan memicu anda terjangkit penyakit diabetes dan kerusakan gigi. Untuk itu, saat memilih makanan atau minuman dalam kemasan, anda perlu memeriksa kadar gula yang dimilikinya. Apabila gulanya mengandung 22,5 gram/100 gram, hal itu menunjukan kadar gulanya tinggi. Namun jika hanya 5 gram, artinya kandungan gula dalam makanan itu rendah.

6. Kurangi garam

Bagi anda yang sedang menjalani diet sehat, sebaiknya anda tidak menambahkan garam kedalam makanan untuk diet anda dalam jumlah normal. Jika perlu, jangan tambahkan garam ke dalam makanan yang diasup. Sebab, ¾ garam sudah terkandung di dalam makanan kemasan yang kita beli, misalnya sup instan, saus, sereal, maupun roti.

Mengasup garam terlalu banyak akan berimbas buruk untuk tekanan darah anda. Seseorang yang tekanan darahnya tinggi, maka akan lebih muda terjangkit penyakit stroke atau jantung. Dalam hal ini, anda juga perlu memeriksa kadar makanan ketika membelinya. Makanan yang kadar garamnya lebih dari 1,5 gram/ 100 gram, artinya makanan tersebut kadar garamnya tinggi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button