Saat ini, nasib Luis Enrique masih terkatung-katung di Barcelona. Hal ini terjadi lantaran pelatih berkebangsaan Spanyol itu masih enggan melakukan perpanjangan kontrak di Barcelona. Meski demikian, Enrique mengaku dirinya masih suka melatih Barcelona.

Salah satu hal yang mendasari Enrique mengulur waktu perpanjangan kontraknya adalah banyaknya tekanan yang diterimanya ketika menukangi Barcelona. Pria berusia 46 tahun itu mengaku akan mempertimbangkan tindak latih klub lain apabila benar-benar hengkang dari Barcelona. Lantas, siapakah kandidat pelatih Barcelona yang bakal menggantikan peran Luis Enrique? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Ernesto Valverde

Salah satu kandidat pelatih Barcelona yang selalu menjadi langganan ketika tersedia lowongan adalah Ernesto Valverde. Pria yang kini menukangi Athletic Bilbao ini dinilai sebagai kandidat yang paling kuat saat ini. Hal ini diperkuat dengan berakhirnya kontraknya di Bilbao pada musim depan.

Sepak terjang Valverde sebagai seorang pelatih di Spanyol sudah dilaluinya selama 16 tahun. namun pada tahun 2008-2009 dan 2010-2012, pelatih berusia 52 tahun itu sempat hijrah ke Olympiacos FC. Sisanya, Valverde merintis karirnya bersama Bilbao. Musim depan, Valverde memiliki ambisi untuk menjadi pelatih Barcelona.

2.Juan Carlos Unzue

Kandidat pelatih Barcelona yang selanjutnya adalah Juan Carlos Unzue. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu juga dinilai sebagai kandidat terkuat untuk bisa menggantikan sosok Enrique. Apalagi, Unzue telah menjadi pendamping Enrique dalam 3 musim terakhir ini. Bahkan Unzue sempat menjadi orang kepercayaan Enrique ketika menjadi juru taktik di Celta Vigo.

Hal itu menunjukkan bahwa Unzue sudah memahami karakter para pemain Barcelona. Namun, menjadi sosok pelatih utama skuad Barcelona tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Pasalnya, Unzue hanya memiliki pengalaman melatih di klub-klub kecil, seperti Racing Santander dan Numancia.

juan-carlos-unzue

3. Eusebio Sacristan

Bagi seorang Eusebio Sacristan, Barcelona bukanlah sebuah klub asing lagi. Dirinya sempat menjadi pemain di klub ini dalam waktu yang cukup lama, yakni sejak tahun 1988 sampai 1995. Ketika itu, ia mendapat posisi sebagai pemain gelandang, tepatnya sebelum ia pindah ke Valladolid dan Celta Vigo. Pengalaman tersebutlah yang menjadikannya masuk dalam daftar kandidat pelatih Barcelona untuk musim depan.

Tidak hanya itu saja, pria berusia 52 tahun itu juga sempat menukangi Barcelona B dalam waktu 4 musim. Hal ini tentunya menjadikan Sacristan memahami semua filosofi permainan di Barcelona. Namun saat ini, Sacristan masih menjadi pelatih Real Sociedad.

4. Laurent Blanc

Nama Laurent Blanc juga disebut-sebut sebagai kandidat pelatih Barcelona yang baru untuk menggantikan Luis Enrique. Meski demikian, kemungkinan pelatih asal Prancis itu untuk menukangi Barcelona sangatlah kecil. Pasalnya, pelangalaman melatih yang dimilikinya masih kurang dan Barcelona masih asing bagi Blac. Sejauh ini, ia baru berhasil melatih dua klub Prancis, yakni PSG dan Bordeaux.

5. Ronald Koeman

Bagi Barcelona, Ronald Koeman adalah sosok pahlawan berkat gol yang diciptakannya pada ajang Liga Champions 1993/1994, sehingga memboyong Barcelona menjawarai kompetisi tersebut secara perdana. Pria berusia 53 tahun itu juga sudah terbilang akrab dengan Barcelona.

6. Frank de Boer

Frank de Boer juga merupakan salah satu kandidat pelatih Barcelona yang sudah akrab dengan skuad asuhan Luis Enrique itu. Pasalnya, De Boer sempat memperkuat Barcelona hingga empat musim, yakni sejak tahun 1999 sampai 2003. Namun sayang, De Boer bakal menjadi pilihan terakhir apabila Enrique benar-benar hengkang dari Barcelona.