Bagi anda yang baru membeli mobil, tentunya perlu melakukan beragam perawatan berkala agar mobil tidak mudah bobrok dan tetap awet. Perawatan mobil baru dapat dilakukan, baik pada bagian luar maupun dalamnya guna menunjang kenyamanan dan keamanan anda sebagai penggunanya.

Nah, bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara merawat mobil yang benar, di bawah ini ialah beberapa hal penting yang tidak boleh terluputkan dalam melakukan perawatan mobil. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Penggunaan bahan bakar

Tanpa anda sadari, penggunaan bahan bakar yang buruk akan berpengaruh pada performa yang dihasilkan oleh mobil anda. Oleh karena itu, sebelum anda bepergian, upayakan untuk melakukan pengisian bahan bakar di tempat-tempat yang resmi agar tidak tercampur dengan bahan lainnya yang nantinya akan berimbas pada kinerja mesin mobil anda.

2. Perawatan cat mobil

Salah satu cara merawat mobil yang benar ialah melakukan perawatan pada cat mobil anda. Saat mobil dibawa berkendara, tentunya akan beragam faktor yang mempengaruhi kerusakan pada cat, seperti baret pada bodi mobil yang tentunya akan mempengaruhi tampilan mobil anda.

Ketika mencucinya, upayakan untuk menggunakan sabun yang secara khusus memang diperuntukkan untuk mobil. Tak hanya itu, lap yang digunakan juga harus yang halus sehingga tidak akan merusak kondisi cat mobil anda. Jika perlu, anda juga bisa menutup mobil anda ketika parkir untuk menghindarkan teriknya paparan sinar matahari.

3. Air Radiator

Tak sedikit pengguna mobil yang meluputkan bagian air radiator dalam melakukan perawatan mobilnya. Pada dasarnya, air radiator miliki peran besar untuk meningkatkan performa dari mobil anda, sehingga anda perlu melakukan penggantian air radiator secara berkala. Upayakan untuk tidak menggunakan air radiator yang kotor. Pasalnya, air radiator yang kotor akan mempeburuk kinerja dan performa yang dihasilkan mobil anda.

4. Mengganti oli mobil

Cara merawat mobil yang berikutnya ialah melakukan penggantian oli mobil secara berkala. Agar tidak meluputkannya, anda perlu menulis catatan kapan terakhir kalinya anda melakukan penggantian oli. Umumnya, kendaraan anda sudah waktunya ganti oli ketika telah mencapai jarak 5.000 km. Akan tetapi, bagi anda yang sering terkena macet di jalanan, sebaiknya mengganti oli setiap 7.500 km. Dalam hal ini, anda juga perlu memilih oli terbaik untuk mengoptimalkan performa mobil pribadi anda.

5. Service mobil secara berkala

Agar mobil anda tidak mudah bobrok, sangat penting bagi anda untuk melakukan service secara berkala. Biasanya, service yang dilakukan meliputi beragam hal seperti membersihkan interior mobil, pengecekan aki mobil, pelumnas rem, ganti oli, membersihkan eksterior mobil, penambahan air radiator, maupun beragam keluhan lainnya dari penggunanya. Dengan adanya service berkala seperti ini, mobil ini akan terjamin keawetannya dan dapat diandalkan untuk menemani anda berkendara.

6. Penggunaan transmisi yang baik

Cara merawat mobil agar tidak mudah rusak adalah pada bagian transmisinya. Untuk mengoptimalkan performa mesinnya, sebaiknya gunakan transmisi yang benar, baik transmisi manual maupun transmisi otomatis, dimana keduanya memerlukan penanganan yang berlainan. Oleh karena itu, bagi anda yang baru membeli mobil, ada baiknya melakukan kursus stir mobil, lalu tanyakan secara mendetail terkait transmisi mesin yang benar untuk menunjang performa mobil yang optimal.