Tatkala seseorang sedang beraktivitas di luar ruangan, tentunya wajah dan tubuh akan terpapar sinar matahari yang begitu mengganggu. Perlu kita ketahui, papar sinar matahari langsung terdiri dari radikal bebas serta sinar UV yang mampu merusak jaringan kulit.

Kulit yang terpapar sinar matahari langsung, berimbas buruk bagi kesehatan kulit, yakni dapat memicu kulit gelap, kering, iritasi dan juga terbakar. Tak hanya itu, sinar ultraviolet matahari juga dapat memicu terjadinya beragam penyakit seperti mata katarak, kanker, dan jenis penyakit lainnya.

Jika membahas perihal sinar ultraviolet, Imbas yang tak pernah luput dari setiap orang adalah kulit terbakar atau kulit kering. Karena hal ini sangat mengganggu penampilan, untuk itu perlu segera diatasi. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit terbakar menggunakan bahan-bahan alami.

1. Madu

Salah satu bahan alami yang dapat meluputkan masalah kulit terbakar atau kulit kering adalah madu. Tak hanya ampuh untuk melembabkan kulit saja, tapinya madu juga ampuh untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Penggunaannya sangat mudah dan sederhana, anda hanya perlu membalutkan madu pada bagian kulit anda yang terbakar, kemudian diamkan hingga beberapa menit. Setelah itu bilas menggunakan air sampai bersih. Lakukan hal ini secara rutin apabila kulit anda masih terasa panas.

2. Es batu

Es batu juga dapat dimanfaatkan untuk meluputkan masalah kulit terbakar. Biasanya, kulit yang terbakar akan membuat kulit menjadi panas dan juga kering. Untuk mengatasinya, gunakan es batu dengan cara mengompresnya. Ambilah sehelai kain kecin yang lembut untuk membungkus es batu tersebut. Kemudian, kompreskan pada bagian kulit yang terbakar.

3. Tomat

Selain dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kantung mata yang hitam, tomat juga mampu meluputkan masalah kulit terbakar akibat paparan sinar UV. Pasalnya, tomat kaya akan kandungan vitamin C dan beragam nutrisi lainnya yang vital untuk mempercantik kulit. Untuk menggunakannya, anda bisa menjadikan tomat sebagai masker alami. Caranya, haluskan atau blender tomat, kemudian balutkan pada bagian kulit yang terbakar. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Mentimun

Tidak hanya tomat, mentimun juga dapat diandalkan untuk meluputkan kulit kulit terbakar. Pasalnya, mentimum kaya akan kandungan air yang ampuh menimbulkan efek dingin pada bagian kulit. Sama halnya dengan tomat, anda bisa menjadikan bahan alami yang satu ini sebagai masker, yakni dengan menghaluskannya dan mengoleskannya pada kulit yang terbakar. Sebaiknya, anda menggunakan mentimun yang sebelumnya disimpan di dalam kulkas.

5. Kulit Semangka

Kulit semangka pun bisa menjadi penyelesaian yang baik untuk meluputkan masalah kulit terbakar akibat papar sinar UV matahari. Tak hanya timun, kulit semangka juga punya kandungan air yang memberikan efek dingin. Caranya sangat sederhana dan juga mudah, anda hanya perlu menggosokannya ke bagian kulit yang terbakar. Lakukan cara ini secara berulang dan anda bisa merasakan sensasi kesejukannya.

6. Masker Bengkoang

Paparan sinar UV matahari tak hanya menjadikan kulit jadi terbakar saja, tapinya juga membuat kulit anda gelap. Untuk melenyapkannya, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mujarab, salah satunya adalah bengkoang. Tak hanya mampu mencerahkan kulit, bengkoang juga ampuh untuk menutrisi serta menyehatkan kulit. Dalam penggunaannya, anda bisa meramu bengkoang dengan cara menghaluskannya kemudian balutkan pada bagian kulit anda yang terbakar. Setelah itu, diamkan hingga 20 menit dan bilas menggunakan air sampai bersih.