yandex
Kesehatan

6 Bahaya Makanan Kadaluarsa Jika Diasup Dalam Jumlah Berlebihan

Mengasup makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa faktanya sangat membahayakan kesehatan, utamanya untuk kesehatan lambung. Makanan yang sudah kadaluarsa seharusnya tidak dikonsumsi lagi, karena makanan itu sudah tidak layak dan diyakini sudah terkontiminasi oleh radikal bebas yang didalamnya mengandung bibit penyakit seperti jamur dan bakteri yang tentunya akan membahayakan kesehatan.

Makanan yang sudah memasuki masa kadaluarsa umumnya belum menimbulkan ciri-ciri jika makanan tersebut sudah tak layak lagi untuk diasup. Di masa tersebut, makanan masih dalam kondisi yang erlihat baik. Akan tetapi sejatinya, makanan tersebut sudah berkurang nutrisinya lantaran telah terjadi penguapan sehingga nilai gizinya sudah tidak memadai lagi.

Bahaya makanan kadaluarsa terhadap kesehatan tubuh bisa terjadi secara bertahap dan tidak dapat berlangsung secara langsung. Kesehatan tubuh mulai terganggu dan dapat dirasakan pasca satu bulan apabila anda mengasup makanan kadaluarsa dalam waktu yang sering. Untuk itu, makanan yang sudah kadaluarsa dianjurkan untuk tidak dikonsumsi lagi.

Selain nilai gizinya sudah berkurang atau bahkan hilang, bahaya makanan kadaluarsa yang ditimbulkan pun akan beragam. Dibawah ini adalah 5 bahaya mengasup makanan kadaluarsa yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan.

1. Sakit perut

Mengasup makanan yang sudah kadaluarsa dan ada jamurnya, dapat dipastikan makanan tersebut mengandung bakteri akibat enzim yang dimiliki makanan tersebut membusuk dan terkontiminasi dengan radikal bebas. Apabila makanan tersebut dikonsumsi, maka bahaya makanan kadaluarsa ini akan menimbulkan sakit perut.

2. Sembelit

Makanan yang sudah kadaluarsa akan mengalami beragam perubahan, baik itu dari bentuk, warna dan juga rasanya yang apabila diasup akan menyebabkan sembelit. Mengapa demikian? Pasalnya, kandungan serat yang dimiliki makanan tersebut sudah hilang dan kondisi makanan seperti itu akan mempersulit pembuangan feses di dalam tubuh.

3. Diare

Mengasup makanan yang sudah memasuki kadaluarsa dengan tanda-tanda berlendir dan berbau, dapat dipastikan akan menyebabkan diare. Pasalnya, makanan yang kondisinya kondisinya seperti itu sudah rusak dan mengalami pembusukan oleh bakteri, yang tentunya sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

4. Keracunan

Makanan kadaluarsa mungkin saja tidak akan berimbas buruk pada mereka yang hanya mengasupnya sekali saja. Akan tetapi, apabila makanan tersebut dikonsumsi setiap hari dan dalam jumlah yang berlebihan, maka reaksi kimia yang akan muncul di dalam makanan tersebut adalah racun. Dalam hal ini, bahaya makanan kadaluarsa adalah keracunan. Umumnya, gejala keracunan makanan diawali dengan muntah-muntah dan sakit perut.

5. Berbahaya bagi perkembangan janin

Tidak hanya berimbas buruk pada kesehatan, bahaya makanan kadaluarsa jika diasup oleh ibu hamil juga akan membahayakan perkembangan janin. Pada dasarnya, bayi tidak akan memperoleh nutrisi yang baik dari makanan tersebut. Makanan yang sudah kadaluarsa mengandung bakteri yang menghambat tumbuh kembang sang janin.

6. Merusak lambung

Mengasup makanan yang sudah kadaluarsa akan berimbas negatif apabila seseorang mengasupnya dalam jumlah yang berlebihan dan dalam waktu lebih dari satu hari. Organ lambung akan lebih mudah teriritasi oleh beragam jenis bahan pengawet dalam makanan yang sudah mengalami perubahan reaksi akibat makanan yang dikonsumsi sudah tidak layak. Seseorang yang mengalami demikian akan lebih mudah terserang diare dan sakit perut.

Setelah membaca ulasan di atas, tentunya anda sudah paham tentang bahaya makanan kadaluarsa. Untuk itu, biasakan untuk terlebih dulu memeriksa tanggal kadaluarsa dari setiap makanan sebelum dibeli dan diasup. Untuk produk tertentu seperti daging, anda juga harus memperhatikan aroma dan warnanya. Apabila sudah tidak segar dan mengalami perubahan, maka daging tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button