Salah satu jenis bisnis yang semakin marak digeluti oleh sebagian besar pelaku usaha adalah bisnis kos-kosan, utamanya di perkotaan. Semakin meningkatnya perpindahan penduduk dari desa ke kota inilah yang menjadikan peluang usaha ini semakin terbuka lebar.

Sama halnya dengan jenis bisnis lainnya, bisnis kos kosan ini juga membutuhkan strategi khusus agar bisa berkembang dan memberikan profit yang menguntungkan. Nah, bagi anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis ini, dibawah ini adalah beberapa tips memulai bisnis kos kosan yang perlu anda perhatikan.

1. Menentukan target pasar

Sebelum memulai bisnis kos kosan, poin tervital yang harus anda perhatikan ialah menetapkan target pasar. Dalam hal ini, tentukan target pasar yang sesuai dengan bisnis anda. Untuk usaha kos kosan ini, utamakanlah untuk memilih segmen pasar seperti pekerja kantoran, mahasiswa, maupun warga asing.

Pada dasarnya, setiap segmen pasar miliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Apabila anda memilih mahasiswa sebagai target pasarnya, anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi keterlambatan pembayaran dan fasilitas yang ada kurang terjaga dengan baik. Sesuaikan target pasar tersebut dengan preferensi anda masing-masing.

2. Menetapkan lokasi yang sesuai dengan target pasar

Apabila anda sudah menetapkan target pasar, poin kedua yang juga tak kalah pentingnya adalah menentukan lokasi usaha kos kosan yang sesuai dengan target pasar anda. jika target pasarnya mahasiswa, maka lokasi usahanya harus di dekat tempat perkuliahan. Upayakan juga untuk mencari lokasi usaha yang strategis, sehingga dapat dengan mudah dikenali masyarakat.

Tak hanya itu, pastikan juga lokasi bisnis anda berdekatan dengan halte busway, pangkalan ojek, maupun terminal. Pasar dan pusat perbelanjaan juga bisa anda pertimbangkan dengan baik. Sebab, semakin dekat lokasi usaha anda dengan kebutuhan mereka, maka akan semakin menjual lokasi kos tersebut.

3. Prioritaskan keamanan dan kenyamanan

Selain lokasi yang strategis, anda pun harus memperhatikan tingkat keamanan dan kenyamanan bagi mereka yang nge-kos di tempat usaha anda. Dalam hal ini, anda harus mempertimbangkan tingkat pencahayaan, ventilasi udara, kebersihan, serta keamanan di lingkungan kosan tersebut.

Dalam hal ini, anda perlu menyeleksi setiap anak kos yang berminat dengan kosan milik anda. Upayakan untuk mengetahui data diri dan tujuan mereka nge-kos. Sebelum menerimanya, sebaiknya lakukan wawancara seputar data diri mereka. Hal ini sangat penting dilakukan guna menentukan nama baik bisnis kos kosan anda di mata masyarakat sekitarnya.

4. Tentukan harga yang bersaing

Di kalangan mahasiswa, faktor harga akan sangat mempengaruhi ketertarikan mereka untuk memilih tempat kos yang sesuai. Untuk itu, upayakan agar harga yang anda patok bisa dijangkau oleh mereka. Dalam hal ini, anda bisa menentukan harga dengan mempertimbangkan fasilitas dan kelengkapan yang dimiliki di setiap kamarnya.

Anda juga tidak disarankan untuk mematok harga yang terlalu rendah, sebab akan ada biaya renovasi untuk meningkatkan kenyamanan mereka selama nge-kos di kos kosan anda. Sebaiknya, lakukan survey terlebih dulu ke beberapa tempat kos lainnya guna mengetahui harga pasarannya.

5. Berikan nilai tambah

Nilai tambah yang tidak dimiliki bisnis kos kosan lainnya tentu akan menjadi ketertarikan sendiri bagi kos kosan anda. Dalam hal ini, anda bisa memberikan fasilitas makan makan malam gratis kepada mereka yang sudah nge-kos di tempat anda selama 3 bulan, atau bisa juga memberikan fasilitas tambahan WiFi secara gratis. Dengan hal tersebut, bisnis kos kosan anda akan lebih unggul dari para pesaingnya.